Kendalikan Inflasi Daerah, Wabup Sijunjung Launching Gerakan Tanam Cabe

Sijunjung, SuhaNews – Dalam rangka pengendalian inflasi daerah, Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung mengadakan gerakan kampung cabe dan melaunching Pos Petani Cerdas, Jumat (28/7/23) di Nagari Bulu Kasok, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. 

“Kegiatan ini sangatlah strategis terkait kesiapan Pemkab dalam merespon berbagai tuntutan pengendalian inflasi daerah,” ujar Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah dan didampingi Kepala Dinas Pertanian serta Kepala OPD terkait lainnya.

Baca juga: Inflasi Di Daerah 3 T Meningkat Di Atas Rata-rata Nasional, Sultan Minta Pemerintah Tekan Biaya Logistik

Kegiatan gerakan menanam cabe, jelas Iraddatillah, merupakan salah satu wujud keseriusan kita dalam pengendalian inflasi daerah, dengan harapan akan diikuti oleh seluruh masyarakat. 

Gerakan menanam cabe ini, tambah Iraddatillah, dapat menjadi stimulan di bidang pertanian dalam mengendalikan inflasi daerah khususnya di Nagari Bulu Kasok.

“Komoditas cabe menjadi salah satu faktor penyumbang angka inflasi di daerah – daerah, cabe menjadi hortikultura di bidang pertanian dengan harga yang bisa dikatakan tidak stabil dengan adanya pergeseran harga yang cepat secara signifikan,” katanya.

Selain itu, kata Wabup, pihaknya juga akan menyerahkan bantuan kepada lima (5) kelompok tani dan dua (2) kelompok wanita tani yang ada di Nagari Bulu Kasok yaitu kelompok tani pinang balirik, pucuak mudo, hidup baru, milenial, harapan baru dan kelompok wanita tani anugerah dan parik jaya.

“Lima kelompok tani akan mendapatkan bantuan sebesar Rp110 juta dan dua kelompok wanita tani Rp120 juta. Insyallah dana bantuan ini bisa dicairkan Rabu (2/8) mendatang,” jelas Wabup.

Ia berharap kepada para penyuluh agar selalu mendampingi para petani dalam mengelola lahan pertanian. sehingga apa yang diolah pada lahan itu bisa menghasilkan komoditas yang berlipat ganda, agar masyarakat makin sejahtera. 

BACA JUGA  Mutasi Bergulir Lagi, Wakil Wali Kota Solok Lantik Pejabat Fungsional

“Terima kasih pak Wabup telah memberikan perhatian khusus kepada petan di Nagari Bulu Kasok,” ujar Wali Nagari Bulu Kasok, Asriwandi. 

Kepala Dinas Pertanian, Ronaldi menjelaskan bahwa Pelayanan Pertanian Terpadu, Cepat, Responsif dan Sistematis (Pos Petani Cerdas) merupakan suatu aplikasi berbasis android dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Melalui Pos Petani Cerdas, urai Ronaldi, pelayanan pertanian melibatkan penyuluh pertanian dari BPP, POPT dari Pemprov Sumbar serta veteriner medis dari Puskeswan dibantu oleh operator yang berada di kantor desa atau nagari. 

“Permasalahan yang dihadapi petani mulai dari sub sektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, kesehatan hewan hingga permasalahan sarana prasarana dari hulu hingga hilir nantinya bakal mendapatkan pelayanan secara kontinu,” jelas Romaldi. (Dicko)

Baca juga: Dukung Redenominasi Rupiah, Sultan Minta Pemerintah Waspadai Inflasi

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -