Kendaraan Serobot Antrian Perparah Macet di Kiliran Jao

SuhaNews – Kemacetan yang terjadi kawasan Kiliran Jao hingga Muaro Takung Kabupaten Sijunjung akibat pekerjaan betonisasi jalan Lintas Sumatera dan memberlakukan sistim buka tutup lalu lintas diperparah oleh kendaraan saling seobot antrian.

Saling serobot ini tidak hanya dilakukan oleh kendaraan kecil seperti minibus baik pribadi maupun travel, tetapi juga dilakukan oleh bus dan truk yang berukuran besar. Hal ini dialami SuhaNews pada Sabtu (26/10) lalu, dan berdasarkan informasi yang didapat dari pengemudi yang melintas rute ini, hal tersebut terjadi saban hari.

Kendaraan Serobot Antrian Perparah Macet di Kiliran Jao 1

Untuk bus yang datang dari arah Solok menuju Dharmasraya ataupun dari Riau menuju Dharmasraya masuk ke terminal Kiliran Jao sebagi kantong parkir, setelah arus lalu lintas dibuka, bus-bus dari terminal masuk ke jalan lintas secara bergantian dengan kendaraan lain yang mengantri dari arah Tanjung Gadang.

Sedangkan kendaraan yang datang dari Dharmasraya menuju Solok berjejer sepanjang jalan, tak sedikit diantaranya memanfaat bahu jalan berlawanan arah untuk dapat lebih didepan, kondisi ini memperlambat laju kendaraan dari berlawanan arah yang dengan sendirinya menambah jam menunggu.

“Nanti begitu arus dibuka, kendaraan ini saling serobot, tak jarang juga bersenggolan yang menyebabkan lecet hingga spion patah,” ujar Hendri, pengemudi bus AKAP Sumbar – Jakarta kepada SuhaNews.

Ditambahkannya, saling serobot ini membuat pengemudi lain terpengaruh, mereka yang sebelumnya berjejer antri, melihat ada yang menyerobot dan lolos akhirnya nekad pula mencoba.

Kendaraan Serobot Antrian Perparah Macet di Kiliran Jao 2
Dua truk berusaha berebut jalan masuk ke jalur buka tutup di Jalan Sumatera Kawasan Kliran Jao

Untuk pengemudi, penumpang maupun penggunana jalan yang akan melintasi kawasan ini agar mempersiapkan bekal dan kondisi kendaraan. Karena tak jarang muga kendaraan mogok ditengah macet memperparah kondisi antrian.

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Dihadri Gamawan, Bupati Solok Kukuhkan Pengurus KAN Alahan Panjang
- Advertisement -
- Advertisement -