Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok Temu Ramah dengan Kelompok Perikanan

Arosuka, SuhaNews –  Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok Hj. Emiko Epyardi Asda,  dan jajaran Forikan Kabupaten Solok melakukan Temu Ramah dengan Kelompok Perikanan se-Kabupaten Solok, Kamis, 13 Juni 2024 di Balai Benih Ikan Sungai Janiah.

Temu ramah ini juga dihadiri oleh Kepala OPD, Camat Gunung Talang Risawandi  Bahauddin, Walinagari se-Kecamatan Gunung Talang dan Kelompok Budidaya Ikan dan Pangan se-Kabupaten Solok.

Baca juga: Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok Buka Lomba Masakan Serba Ikan

Kepala Dinas Perikanan Pangan, Ir. Syoufitri, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok yang hadir pada kegiatan ini.

“Tugas Balai Benih Ikan ini adalah untuk melaksanakan kegiatan teknis operasional dan kegiatan teknis tertentu pada Dinas Perikanan Pangan Kabupaten Solok di bidang pembibitan ikan,” ujar Syoufitri.

Balai Benih Ikan ini juga berfungsi untuk penyediaan, perbanyakan dan pendistribusian calon induk ikan unggul untuk pembibitan rakyat.

“Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok juga berperan dalam penurunan angka stunting dengan cara menggerakkan Gerakan Gemar Makan Ikan di kalangan masyarakat,” jelas Syoufitri.

Sementara Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok, Hj. Emiko Epyardi Asda mengatakan jika potensi perikanan di Kabupaten Solok ini sangat besar dengan banyaknya danau, sungai serta lubuak larangan/kolam ikan.

“Dinas Perikanan dan Pangan diminta untuk dapat lebih berperan dalam pembangunan Kabupaten Solok di bidang perikanan dan pangan,” harap Emiko.

Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok, tambah Emiko, hendaknya dapat bersinergi dengan seluruh OPD atau organisasi lainnya sehingga kita akan lebih bisa membangun Kabupaten Solok ini dari segi Perikanan dan Pangan.

Pada kesempatan itu beberapa kelompok Perikanan dan pangan minta bantuan kepada Ketua Umum Forikan, seperti Kelompok Perikanan Koto Gadang Guguak berharap bantuan bibit ikan, Petugas Embung Nagari Kuncia berharap bantuan pembangunan heller di Nagari Kuncia dan bantuan bibit ikan untuk embung di Nagari Kuncia.

BACA JUGA  Cukur AS Roma 3-0, Inter Milan Kuntit AC Milan di Puncak Klasemen

Selanjutnya, Poklahsar Nagari Tikalak berharap bantuan pemasaran olahan ikan pada kegiatan tertentu, Kelompok Pusamanih Jawi Jawi minta bantuan untuk pemasaran produk ke swalayan-swalayan yang ada di Kabupaten Solok. Sementara Nagari Koto Gaek Guguak minta bantuan untuk budidaya ikan dalam ember.

Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok Temu Ramah dengan Kelompok Perikanan 1Menanggapi banyak permintaan tersebut, Ketua Umum Forikan, Ny. Emiko Epyardi Asda berjanji akan meyediakan bibit ikan atau induk ikan unggul di Balai Benih Ikan ini untuk dibagikan kepada kelompok perikanan dan pangan.

“Kelompok yang membutuhkan bibit ikan, silahkan hubungi Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok,” jelas Emiko.

Untuk pembangunan huller, tambah Emiko, Insya Allah dalam waktu dekat Huller itu akan segera dibangun.

Di samping itu, Forikan akan membantu pemasaran produk jika memungkinkan kita akan bekerjasama dengan swalayan yang ada di Kabupaten Solok. Wewe

Baca juga: Ny. Riri Benny Dwifa: Forikan Sijunjung Juara I Tingkat Provinsi Sumbar

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -