Kota Solok Seleksi 39 Calon Enumerator SKI 2023

Solok, SuhaNews – Dinas Kesehatan Kota Solok lakukan seleksi administrasi dan wawancara sebanyak 39 peserta calon enumerator untuk untuk melaksanakan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, yang dilaksanakan dua tahap, Jumat, 14 Juli 2023 dan Senin 17 Juli 2023 di aula rapat Dinas Kesehatan Kota Solok.

Survei ini merupakan langkah penting dalam memperoleh data yang akurat dan komprehensif mengenai kondisi kesehatan masyarakat di seluruh negeri.

Baca juga: Siswa MAN 1 Bukittinggi Lolos Seleksi Proposal MYRES 2023

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Kementerian Kesehatan membutuhkan tenaga kesehatan non-ASN yang memiliki kualifikasi dan persyaratan tertentu. Sehubungan dengan telah diumumkan rekruitmen Enumerator SKI oleh

Dessy Syafril, Apt, MPH selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Solok ditunjuk sebagai PJO (Penanggung Jawab Operasional) dan Syamsiarti, SKM, M.Kes sebagai PJAL (Penanggung Jawab Administrasi dan Legislatif) dalam pemilihan Enumerator SKI tahun 2023. Renita Afriza, SKM, M.Kes sebagai PJT (Penanggung Jawab Teknis) dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

“Enumerators adalah para profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan data kesehatan secara langsung di lapangan,” ujar Dessy Syafril.

SKI merupakan kelanjutan dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

Mereka harus memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Persyaratan ini meliputi pendidikan dan keahlian kesehatan yang relevan, seperti lulusan program pendidikan kesehatan atau memiliki pengalaman kerja di bidang kesehatan,” tutur Dessy.

Selain itu, para enumerators juga diharapkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat berinteraksi dengan berbagai kelompok masyarakat. Kemampuan untuk bekerja dengan cermat, teliti, dan terorganisir sangat penting dalam menjalankan tugas mereka.

“Mereka juga harus dapat bekerja secara mandiri dan memiliki integritas yang tinggi dalam mengumpulkan dan melindungi data sensitif kesehatan masyarakat,” lanjut Dessy.

BACA JUGA  Walikota Pariaman, Genius Umar diwawancarai Tiga TV Nasional terkait SKB 3 Menteri

PJAL SKI 2023, Syamsiarti mengatakan bahwa ada sebanyak 18 orang yang telah diwawancara pada hari ini (Jumat, 14 Juli 2023) dan masih ada sisa 21 calon enumerator lagi yang belum diwawancara.

“Bagi peserta yang tidak hadir kita anggap gugur dalam seleksi,” jelasnya.

Rekrutmen Enumerator SKI 2023 bertujuan untuk membantu Kementrian Kesehatan melakukan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023 bertujuan untuk menilai perkembangan status kesehatan masyarakat, faktor risiko, dan perkembangan upaya pembangunan kesehatan termasuk status gizi di tingkat kabupaten/kota.

“Hasil survey ini akan digunakan sebagai dasar untuk menyusun kebijakan dan rencana pembangunan kesehatan terarah dan tepat sasaran,” tambah Dessy Syafril. (ya/re)

Baca juga: Seleksi PPDB, Peminat MTsN 1 Lima Puluh Kota Membludak

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -