Koto Hilalang, Kampung Didikan Subuh Pertama di Kec. Kubung

Koto Baru, SuhaNews. Nagari Koto Hilalang menjadi nagari pertama di Kecamatan Kubung dinobatkan sebagai Kampung Didikan Subuh. Penobatan dilakukan oleh Camat Kubung Ahpi Gusta Tusri, SSTP, M.Si, Sabtu  (14/12) di mushalla Al Muhajirin nagari Koto Hilalang.

Ikut hadir dalam kesempatan ini Kepala KUA Kubung Almaturidi, SHI, Ketua LDS Kubung Muhammad Tantawi, Kepala MDTA se Kecamatan Kubung dan tokoh masyarakat nagari Koto Hilang.
 
Ketua LDS Kubung Muhammad Tantawi dalam laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan kampung Didikan Subuh ini merupakan program kerja LDS Tahun 2019 yang baru terealisasi dipenghujung tahun. Hal ini lebih disebabkan beberapa kajian agar program ini dapat berjalan dengan baik.
 
“Terima kasih kami ucapkan pada masyarakat Koto Hilalang yang telah bersedia menjadi yang pertama dalam program Kampung Didikan Subuh ini'” tutup Tantawi.
 
Kepala KUA Kubung Almaturidi, SHI mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh LDS Kubung dalam mewujudkan generasi muda yang beriman, berilmu pengetahuan lewat program-program pemantapan amalan ilmu agama santri MDTA. Semoga kedepannya program ini dipertahankan dan terus dikembangkan.
 
Camat Kubung Ahpi Gusta Tusri yang hadir membuka kegiatan Kampung Didikan Subuh ini merasa bangga, LDS Kubung mampu membuat terobosan yang memberi warna pada pendidikan agama di Kabupaten Solok. Hal ini sejalan dengan salah satu dari empat pilar pembangunan Kabupaten Solok.
 
Ia berharap, seluruh MDTA di kecamatan Kubung juga mengadopsi dan menerapkan porgram ini. Selain untuk meemperdalam amalan dan pengetahuan agama anak, program ini diyakini dapat membendung dampak negatif globalisasi apabila diterapkan dengan baik.
 
Untuk itu diharapkan pada para pengurus MDTA untuk terus mengembangkan materi dan kegiatan. Tak lupa Camat berpesan agar dalam pelaksanaan kegiatan ini nantinya juga melibatkan Pemerintah Nagari tuan rumah untuk lebih memudahkan kesiapan pelaksanaan terutama akomodasi bagi para santri.
 
Menutup sambutannya Camat Kubung berharap program yang digagas oleh LDS Kubung ini ikut mendorong semakin banyaknya putra-putri Kubung yang mengharumkan nama Kabupaten Solok sebagai Qori dan Qoriah yang berprestasi.
 
Usai dibuka, para santri mengikuti agenda yang telah disusun oleh panitia. Untuk Sabtu (14/12) diawali dengan kegiatannya shalat Magrib Berjamaah yang dilanjutkan dengan Pembukaan hingga shalat Isya Berjamaah. Kemudian lomba paket Didikan Subuh yang diikuti oleh 10 anggota LDS Kubung.
 
Untuk hari Minggu (15/12) diawali dengan jalan santai yang diikuti oleh seluruh santri peserta Kampung Didikan Subuh didampingi guru masing-masing dan setelahnya sarapan pagi bersama. Kemudian dilanjutkan dengan lomba paket Didikan Subuh.
 
Sekretaris LDS Kubung Hadi Sulman memuturkan bahwa kegiatan ini merupakan pengembangan dari Didikan Subuh Gabungan yang telah lama dijalankan oleh LDS Kubung. Nantinya kegiatan Kampung Didikan Subuh ini akan digilirkan pada masing-masing nagari di Kecamatan Kubung dengan tuan rumah adalah salah satu MDTA di nagari tersebut. Moentjak
 
 

Facebook Comments

loading...