KPU Kabupaten Solok Selenggarakan Simulasi Pemungutan Suara

Arosuka, SuhaNews – Dalam rangka persiapan penyelenggaraan Pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilu Serentak tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok menyelenggarakan kegiatan Simulasi Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) di halaman Mesjid Raya Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, Rabu (31/01/2024).

Acara ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Unsur SKPD Pemkab Solok (Diskominfo, DPMN, Disdukcapil dan KesbangPol), jajaran KPU, PPK dan serta Forkopimcam Kecamatan Gunung Talang.

Baca juga: Kunker ke Lampung, Komite II DPD RI Awasi UUPLH Terkait Pemilu Serentak 2024

Ketua KPU Kabupaten Solok Hasbullah Alqomar, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan agendanya KPU RI yang harus dilaksanakan oleh jajarannya sampai di daerah untuk mencari gambaran seperti apa kondisi pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Di sini, kita dapat melihat berapa waktu yang dibutuhkan oleh setiap pemilih dalam melakukan  pencoblosan di bilik suara,” ujar Hasbullah Alqomar.

Hasbullah Alqomar menambahkan bahwa dalam kegiatan ini pihaknya akan mensimulasikan lima jenis surat suara yaitu DPRD Kab/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden.

“Hari ini kita akan melihat langsung tata cara pemungutan suara ini,” ungkap Hasbullah Alqomar.

Hasbullah menjelaskan bahwa simulasi Pemilu ini akan diupayakan agar alur dan pros tanggal 14 Febuari mendatang, sehingga persiapan yang dilakukan tersebut bisa mengantisipasi hal-hal di luar perhitungan pada waktu hari H Pemilu 2024.

“Penyelenggara pada tingkat Nagari atau KPPS agar siap menghadapi kendala teknis dalam proses pemilihan hingga pemungutan suara nanti,” jelasnya. Wewe

Baca juga: Fernando Sinaga Sebut UMKM di Kaltara Tak Rasakan Dampak Pemilu

Facebook Comments

BACA JUGA  Gubernur: Video Tutorial Penyelesaian Sengketa Pemilu Perlu untuk Penyamaan Visi
- Advertisement -
- Advertisement -