Lakukan Penilaian, Ombudsman RI Visitasi Disdukcapil Kabupaten Solok

Arosuka, SuhaNews – Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat yang diketuai oleh Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan  Adel Wahidi beserta anggota tim melakukan visitasi ke Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Solok, Kamis (11/07/2024).

Visitasi ini dalam rangkaian penilaian penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Solok. Selain ke Dinas Dukcapil, Ombudsman juga sudah melakukan visitasi ke Mall Pelayanan Publik, Dinas Sosial,  Dinas Pendidikan, Puskesmas Tanjung Bingkung dan Puskesmas Singkarak.

Baca juga: Lakukan Penilaian, Bupati Solok Sambut Tim Penilai Ombudsman RI

Kepala Disdukcapil Ricky Carnova mengatakan bahwa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil selalu memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

“Disdukcapil Kabupaten Solok telah melahirkan beragam inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” jelas Ricky Carnova.

Beberapa inovasi yang dibuat Disdukcapil yakni CEKATAN (Cetak KTP tanpa Antrian), PREDATOR (Perekaman dengan Motor), PAK ALIPUR (Paket Akta Kelahiran Dibawa Pulang Tanpa Diurus), STEMPEL CAP POS (Serahterima KIA dan KTP-el kerjasama Disdukcapil dengan PT. Pos Indonesia).

Kemudian,  MARAWA (Melayani Akses Dokumen dari Rumah Via Whatsapp), MARAWA NAGARI (Melayanani Akses Dokumen dari Rumah Melalui Petugas Nagari), ANAK TELADAN (Penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak melalui Praktek Layanan Mandiri Bidan), SEMAKIN SEDAP (Setelah Menikah Semua Dokumen Dapat), KAK TIKA (KK dan Akta Cerai Siap Seketika), SIJARLA TERPADU (Sistem kejar Bola) dan SALING SERU (Satu Link untuk Semua Urusan).

Lakukan Penilaian, Ombudsman RI Visitasi Disdukcapil Kabupaten Solok 1Aspek yang dinilai ombudsman diantaranya sarana prasarana pelayanan publik seperti ketersediaan sarana untuk masyarakat prioritas, ketersediaan Standar Pelayanan, Media pelayanan elektronik seperti website, dan media social.

Di samping itu juga dilihat kompentensi pelaksana pelayanan seperti Kepala Dinas, Pejabat Pengelola Pengaduan, Petugas Pengaduan, dan Staf Pelayanan Disdukcapil.

BACA JUGA  Rumah Tahfidz Quran Al-Ghaniyyu, Sungai Lansek Gelar Wisuda Perdana

“Penilaian yang dilaksanakan oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumbar ini, diharapkan menjadi pemicu semangat bagi staf dan jajaran Disdukcapil dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat,” harap Ricky Carnova.

Sekretaris Daerah Medison berharap penilaian terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Solok mendapatkan hasil yang terbaik dan menjadi Kabupaten dengan pelayanan terbaik di Sumatera Barat. Wewe

Baca juga: Wawako Solok Terima Hasil Pelayanan Publik Tahun 2023 dari Ombudsman

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -