LPM Berprestasi Sumbar 2021, Tim Penilai Kunjungi Desa Desa Cimparuah, Kota Pariaman

sumbar
Pariaman, SuhaNews – Tim Penilai LPM Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2021 lakukan penilaian terhadap Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Cimparuah, yang mewakili Kota Pariaman dalam ajang ini. 

Tim Penilai ini diketuai oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumbar, Amasrul. Ia datang bersama tim ke Kantor Desa Cimparuah, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman.

Baca juga: Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar 2021 Kunjungi Kota Solok

Tim ini disambut oleh Walikota Pariaman diwakili oleh Kepala Dinas PMDes Kota Pariaman, Hendri, didampingi Kepala Desa Cimparuah, Maifialdi dan Pengurus LPM Desa Cimparuah

“LPM harus berperan aktif dalam pembangunan sebagai mitra Pemerintah dan pihak lainnya, supaya LPM mampu menggerakkan pembangunan di segala aspek kehidupan di tengah masyarakat,” ujar Kepala Dinas PMDes Kota Pariaman, Hendri, Senin (8/11)..

Dengan dilaksanakannya penilaian  ini, jelas Hendri, diharapkan dapat mendorong sinergitas desa dan partisipasi aktif masyarakat dan lembaga kemasyarakatan dalam proses pemberdayaan dan kemandirian masyarakat.

“LPM harus bisa menjalankan fungsinya sebagai lembaga yang mampu mengangkat potensi-potensi desanya ,” sebut Hendri.

“LPM  harus mampu mengajak masyarakatnya secara bersama memajukan desa, menjadi desa mandiri,” ujar Kadis DPMD Sumbar, Amasrul selaku Ketua Tim Penilai.

Masing-masing desa, jelas Amasrul, agar memberikan informasi sesungguhnya dan tidak dibuat-buat saat penilaian. Berikanlah data yang dibutuhkan, karena kita bicara dengan data.

“Beberapa aspek yang menjadi penilaian ialah, aspek legalitas kelembagaan, aspek sarana dan prasarana kelembagaan, aspek peningkatan kapasitas dan aspek keterlibatan LPM dalam kegiatan nagari atau desanya ,” ujarnya.

“Sebagai bentuk apresiasi, maka LPM Berprestasi Tingkat Sumbar tahun 2021 ini, akan diikutsertakan dalam studi komperatif di tingkat nasional,” ujar Mantan Sekda Kota Padang ini. (*)

BACA JUGA  Tanjung Jaya masuk Sawah, 5 Kendaraan Alami Nasib Nahas Ditabrak Truk Kontainer

Baca juga: Kwarda 03 Sumatera Barat Gelar Giat Prestasi Pramuka se-Sumbar di Sawahlunto

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaMenjadi Pembina Upacara, Wawako Motivasi Siswa SMAN 2 Kota Solok
Artikel berikutnyaWakil Walikota Solok Buka Workshop Penyusunan Jadwal Retensi Arsip