LPMP Sumbar gelar Gebyar Penjaminan Mutu Pendidikan tahun 2019

Padang, SuhaNews – LPMP Sumbar gelar Gebyar Penjaminan Mutu Pendidikan tahun 2019 selama tiga hari, (13-15/13) di Padang. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Karena LPMP Sumbar, Muhammad Syofian.

“Ada empat Kegiatan yang digelar yakni Seminar Nasional Hari Guru, diseminasi Pemetaan mutu pendidikan, supervisi mutu pendidikan dan diseminasi sekolah model dan rujukan,”  jelas Ketua Panitia Wisma Endrimon, Jumat (13/12) di aula Syafei LPMP Sumatera Barat.
Wisma Endrimon, Ketua Panitia
Seminar Nasional ini menghadirkan narasumber Nasional, terutama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sementara diseminasi menghadirkan TPMPD dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat.
“Ada 300 peserta dalam kegiatan
Gebyar Penjaminan Mutu Pendidikan tahun 2019,” ujar Wisma Endrimon.
Di samping seminar, jelas Wisma Endrimon, juga digelar pameran Diorama, yang berasal dari SD Model di seluruh Sumbar.
“Kita akan melaporkan semua kegiatan LPMP ke Kemdikbud melalui Dirjen Dikdasmen,” jelas Kepala LPMP Sumbar, M. Syofian, yang membuka acara ini.
Saat ini, jelas M. Syofian sedang digalakkan Merdeka dalam pendidikan, yakni kegiatan berinovasi, lebih kreatif. 
“Guru dituntut untuk berinovasi,” jelas M. Syofian.
Mendikbud, Nadiem Makarim, jelas M. Syofian membuka peluang kepada guru untuk menyederhanakan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) ditulis dalam satu lembar saja, tetapi tidak mengurangi kualitas. 
Ujian Nasional
Kepala LPMP
M. Syofian juga memaparkan adanya wacana penghapusan Ujian Nasional mulai 2021. Regulasinya sedang dirancang, bagaimana cara mengukur kompetensi siswa di kelas akhir tersebut.
“Kita masih menunggu regulasi pengganti Ujian Nasional,” ujar M. Syofian.
Terkait dengan pemetaan mutu, M. Syofian berharap agar Rapor mutu sekolah maupun rapor mutu Kabupaten/Kota bisa dimanfaatkan untuk membuat program pendidikan d daerah masing-masing.
“Ambillah pelajaran dari kegiatan ini,” harap M. Syofian. 
Ikutikah Gebyar Penjaminan Mutu Pendidikan tahun 2019 dengan baik dan sungguh-sungguh agar dirasakan manfaatnya. Sehingga terkesan hanya Kegiatan rutinitas saja.
Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pendidikan Sumbar, Syarifuddin,  Kepala LPMP Yogyakarta Minhajul Ngabidin, yang juga Ketus Paguyuban LPMP Indonesia, serta Kabag umum dan para Kabid di LPMP, serta undangan lainnya.Wewe
 
,

Facebook Comments

loading...