“Makan Bajamba” Praktek BAM Siswa Kelas IX MTsN 2 Solok

Makan Bajamba siswa kelas IX MTsN 2 Solok di Koto Baru.

Koto Baru, SuhaNewsLebih mendekatkan budaya Minang dengan siswa, MTsN 2 Solok menggelar Alek Makan Bajamba di kampus madrasah setempat Guguak Panjang Koto Baru, Rabu (26/2).

Kegiatan ini diikuti oleh 250 siswa kelas IX yang terbagi dalam 7 rombongan belajar. Masing-masing rombel menyelenggarakan alek didalam kelas. Alek dilengkapi dengan pasambahan “baujuang-bapangka” serta adanya janang sebagai pengatur alek.

Para siswa kelas IX MTsN 2 Solok yang akan mengikuti praktek BAM memakai pakaian tradisional untuk menggambarkan sebuah alek di rumah gadang.

Begitupun dengan hidangan, para siswa membawa makanan tradisional yang biasa tersaji dalam sebuah alek. Mulai dari gulai Cubadak, Randang, Singgang Ayam semua tersaji yang dibawa oleh siswa.

Acara semakin hidup dengan penampilan siswa yang memakai pakaian tradisional, siswa memakai baju Taluak Balango lengkao dengan sarung Bugis yang disandang serta kopiah di kepala.

Baca juga : Helena dan Hendi dari MTsN 2 Solok, Berprestasi Pada SACTI 2020

Sedangkan siswi memakai baju Kurung dengan jilbab yang dilapis Tingkuluak dengan bawahan “Kain Saruang Jao”. Beberapa diantaranya ada yang berpakain formal seperti jas maupun kebaya, mereka ini mendapat peran sebagai tamu.

Keseruan memuncak saat acara dimulai, ketika Janang mempersilahkan alek naik kemudian mengantarkan duduk diposisinya. Dilanjutkan dengan sambah pembuka oleh Sipangka dan dijawab oleh Siujuang.

Guru Budaya Aalam Minangkabau pada MTsN 2 Solok, Ely Suarti, S.Pd.I mengatakan cara ini untuk lebih mendkatkan siswa dengan budaya lokal. Dengan mempraktekkan langsung siwa dapat memahami pelajaran lebih detail. Seperti siapa yang menjadi Sipangka, siapa yang duduk Diujuang, rang Sumano, Pasumandan dan lain sebagainya.

“Begitu juga dengan tugas Janang sebagai pengatur alek, dengan dipraktekan seperti ini siswa dapat memahaminya lebih baik,” jelas Ely Suarti.

Kepala MTsN 2 Solok H. Maidison dan para guru juga memakai pakaian tradisional untuk praktek BAM kelas IX.

Sementara itu Kepala MTsN 2 Solok H. Maidison, S.Pd.I mengapresiasi kreatifitas guru BAM dalam mengemasnya bekerjasama dengan wali kelas. Sehingga praktek pelajaran BAM ini menjadi lebih hidup.

Tak lupa H. Maidison mengucapkan terima kasih pada tenaga pendidikan dan kependikan MTsN 2 Solok yang hari ini berpakaian tradisonal menyesuaikan dengan teman kegiatan siswa kelas IX.

Diakhir sambutannya H. Maidison berharap, kegiatan ini terus dilestarikan dan kepada siswa peserta untuk dapat mengikuti dengan baik sebagai bekal untuk terjun ke masyarakat kelak.

reporter : Juf editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...