Muhadarah Jumat Pagi, Program Berkelanjutan MAN 2 Bukittinggi

Bukittinggi, SuhaNews – Semester dua TA 2022-2023 sudah hampir seminggu bergulir. MAN 2 Bukittinggi telah memulai berbagai kegiatan rutin di lingkungan madrasah salah satunya adalah setiap Jumat pagi yaitu pelaksanaan Muhadarah.
Jumat (6/1/23) Siswa MAN 2 Bukittinggi melaksanakan Muhadarah di Lapangan madrasah dengan pemberi Tausiyah pada pertemuan perdana yaitu Kepala MAN 2 Bukittinggi Amri J.

Pada Muhadarah perdana semester dua sebagai pelaksana adalah OSIM tahun 2022. Keikutsertaan OSIM tahun 2022 dalam Muhadarah di awal semester ini merupakan kesempatan terakhir bagi seluruh anggotanya karena dalam minggu depan akan diadakan serah terima OSIM 2022 kepada OSIM 2023. Pada kegiatan rutinan ini juga dihadiri oleh kepala TU beserta staff, seluruh wakil kepala madrasah, dan majelis guru.

Dalam Muhadarahnya perangkat OSIM mengangkat tema Muhasabah Diri yang ditampilkan dalam 3 bahasa yaitu Bahasa Indonesia,Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Dalam Tausiyahnya Kepala MAN 2 Bukittinggi menyampaikan ” Madrasah berada di bawah Kementerian Agama. Struktur organisasi kita mulai dari kementerian agama kabupaten/kota, Kemenag Provinsi hingga Kementerian Agama pusat yang dipimpin oleh Menteri Agama”. Papar Amri.J.

“Ananda semuanya tema yang diangkat OSIM yaitu Muhasabah Diri. Jika kita sederhanakan maknanya adalah refleksi diri dan perenungan akan apa yang telah dilewati. Ketika 2022 sudah berlalu,kita ingat kesalahan yang dilakukan, kekurangan yang terjadi tahun kemaren, apabila ada prestasi tahun lalu,maka harus ditingkatkan.
Kami sebagai guru ananda hanya 10 sampai 15 tahun kedepan. Ananda yang akan melanjutkan estafet perjuangan melanjutkan negara ini kedepannya”. Pesan Kepala madrasah ini.

Pada kesempatan tersebut kepala madrasah juga menekankan” Ingat ananda setiap perbuatan tidak luput dari pantauan Allah SWT. Apabila kamu melawan kepada guru dan orangtua,maka suatu hari akan dibalas Allah. Jika kebaikan yang kita lakukan maka kebaikan yang akan datang. Kita tidak ada yang sempurna, setiap manusia ada kelebihan dan kekurangan. Apabila kita ada lebih berikan kepada orang lain. Kekurangan dari diri yang kita perbaiki Kedepannya”. Pesan Amri. J.

BACA JUGA  Ny. Genny Hendri Septa; Mari Tumbuhkan Minat Baca Anak

Selain memberikan tausiah kepala madrasah juga menyampaikan pada tayangan YouTube MAN 2 Bukittinggi Kamis (5/1/23) ada 1000 jamaah shalat zuhur di mushala kita . Sampai tempat pelebaran mushalla juga penuh.

“Terimakasih banyak kepada bapak ibu guru, pegawai,orangtua siswa dan siswa MAN 2 Bukittinggi yang telah berpartisipasi dalam renovasi pelebaran mushalla kita sehingga mulai semester ini kita shalat jamaah sudah bisa satu shift “. Pesannya.

Selanjutnya Kepala madrasah mengingatkan” Kita punya program unggulan yang berbeda dari madrasah lain. Jadi ananda semester ini tetap mengikuti kegiatan ekskul dengan semangat,minggu pertama ini kita sudah mulai kegiatannya. Program itulah sebagai salah satu penarik animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya ke MAN 2 Bukittinggi.
Beberapa minggu terakhir tahun lalu sudah mulai berdatangan orangtua dari berbagai daerah untuk menanyakan pendaftaran masuk ke madrasah kita ini”. Ungkap Amri.J.

Setelah tausiyah, kegiatan dilanjutkan dengan hiburan lagu religi dari pengurus OSIM. Pada kesempatan itu pengurus Mushala MAN 2 Bukittinggi juga mengumumkan wakaf, infak dan sedekah dari orangtua siswa yang ikut berpartisipasi dalam renovasi pelebaran Mushalla MAN 2 Bukittinggi. Yuli / Yal

Berita Terkait :

muhadarah muhadarah muhadarah 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -