MAN 2 Bukittinggi Perdana gelar Solat Jumat di Masjid Nurul Ikhlas

Bukittinggi, SuhaNews – Jumat (14/07/23) telah berlangsung dengan sukses pelaksanaan solat Jumat perdana di mesjid Nurul Ikhlas milik MAN 2 Bukittinggi. Pelaksanaan shalat wajib bagi laki- laki ini diikuti oleh seluruh siswa MAN 2 Bukittinggi yaitu kelas X Fase E, XI dan XII. Pada kesempatan perdana tersebut juga diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan madrasah.

Dalam kegiatan tersebut dibuka langsung oleh kepala MAN 2 Bukittinggi Amri J dan khatib pada shalat Jumat mendatangkan Kasi Bimas Islam Kemenag kota Bukittinggi H. Zulfikar.

Kepala MAN 2 Bukittinggi menyampaikan rasa bangga dan bahagianya atas terselenggaranya shalat jumat di lingkungan MAN 2 Bukittinggi. ‘’Ananda bapak semuanya, alhamdulillah hari ini kita berkumpul bersama di mesjid yang kita cintai ini. Juli 2023 merupakan bulan ke sepuluh bapak berada di madrasah ini, sudah sejak awal bapak ingin siswa bapak melaksanakan solat Jumat di lingkungan madrasah sehingga Mesjid kita menjadi ramai. Banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan dengan terlaksananya shalat Jumat di madrasah, kegiatan ini dapat menjadi wadah belajar bagi ananda untuk menjadi khatib, muadzin dan imam. Sehingga saat ananda keluar dari madrasah sudah menjadi orang yang berguna di lingkungan masyarakat. Marilah kita ramaikan mesjid ini dengan berbagai kegiatan keagamaan sehingga siswa MAN 2 Bukittinggi semakin terampil dalam kompetensi keagamaan, ’’harapnya.

Dalam kutbahnya Kasi Bimas mengingatkan penting dan wajibnya menunaikan shalat Jumat bagi laki- laki Muslim. “Pada hari ini merupakan momentum bersejarah terhadap kita semua, terhadap civitas akademika MAN 2 Bukittinggi yang pada hari ini melakukan Jumat pertama di mesjid yang kita cintai ini. Pada momentum ini bapak juga mengingatkan bahwa sebentar lagi kita juga akan menyambut tahun baru hijriyah.

BACA JUGA  MAN 2 Bukittinggi Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Untuk menyambut tahun baru Islam ini merupakan awal yang baik untuk hijrah bagi kita semua menuju yang lebih baik. Sebagai umat Islam kita patut meneladani kisah hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah . Hal pertama yang dilakukan Rasulullah adalah membangun mesjid. Rasulullah yakin bahwa masjid merupakan tempat pusat kegiatan dan membangun peradaban. Melalui perubahan status dari mushala ke mesjid tentunya dapat meningkatkan kegiatan- kegiatan keagamaan di dalamnya. Ada tiga hal yang perlu kita perhatikan pemeliharaan , kebersihan dan penataan. Semuanya berpengaruh terhadap ibadah kita dalam menghadap Allah SWT. Keberadaan masjid dapat menjadi laboratorium kegiatan keagamaan seperti pembinaan tahfidz, belajar berceramah, khotbah dan kegiatan keagamaan kedepannya, ” paparnya.

Sebagai bilal solat Jumat di mesjid MAN 2 Bukittinggi adalah siswa kelas XII.IPK 1 M. Naufal dan yang bertugas sebagai imam yaitu guru Quran Hadits MAN 2 Bukittinggi Aliswar Refzan. Pelaksanaan shalat Jumat berjalan lancar dan siswa sangat semangat. (Yuli/Syafrial)

Berita terkait :

solat solat

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -