MAN 2 Bukittinggi Salurkan Zakat Dari UPZ Kanwil Kemenag Sumbar

Bukittinggi, SuhaNews – Ramadhan bulan yang penuh berkah, setidaknya itulah yang dirasakan oleh 6 orang siswa MAN 2 Bukittinggi. Bagaimana tidak mereka mendapatkan beasiswa zakat dari UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kanwil Kemenag Sumbar.

Bertempat di ruang kepala, Sabtu (15/4/23) kepala MAN 2 Bukittinggi, Amri J menyerahkan secara langsung beasiswa kepada 6 orang siswa kurang mampu. Penyerahan beasiswa ini juga dihadiri oleh wakil kepala madrasah bidang humas Fadhlina Syarif.

Keberadaan UPZ Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat ini sangat membantu dalam pengumpulan zakat guru dan pegawai ASN dari MAN 2 Bukittinggi. Sehingga bagi siswa yang tidak mendapatkan beasiswa dari pemerintah dapat dicarikan solusinya melalui pemberian zakat tersebut.

Kepada humas kepala MAN 2 Bukittinggi, Amri.J menyampaikan bahwa zakat merupakan harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam.

‘’Sebagai bagian dari kementerian agama, MAN 2 Bukittinggi berkomitmen mendukung program kakanwil kemenag Provinsi Sumatera Barat dalam peningkatan pengumpulan zakat. Melalui zakat kita bisa menolong saudara kita yang memerlukan. Sehingga kami selaku pimpinan selalu mendorong agar semua ASN di lingkungan MAN 2 Bukittinggi senantiasa menyisihkan sebagian dari pendapatannya,” ungkap Amri J.

Selanjutnya Amri J mengungkapkan ‘’Alhamdulillah bantuan tersebut sangat berguna bagi siswa kami yang memerlukan. Selain mendukung kegiatan belajar siswa dapat juga membeli perlengkapan sekolahnya sehingga setelah lebaran saat kembali ke madrasah sudah dengan pelengkapan belajar yang baru. Semoga dengan zakat ini siswa penerima terpacu untuk berprestasi dan rajin belajar, karena kami tidak ingin ada siswa yang putus sekolah karena kendala biaya. Terimakasih banyak UPZ Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang telah memberikan beasiswa kepada siswa MAN 2 Bukittinggi, semoga kedepannya ada penambahan kuota penerima dari madrasah kita,” harap kepala madrasah ini.

BACA JUGA  Gubernur Mahyeldi dan Wamentan Harvick Bahas Peluang Hilirisasi Sorgum

Rayhan FAMsalah satu penerima zakat dari UPZ Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat ini menyampaikan rasa harunya, bagi dia dan siswa lainnya merupakan kebanggan bisa bersekolah di MAN 2 Bukittinggi. Selain mendapatkan berbagai kemudahan dalam belajar juga mendapatkan kesempatan dalam mendapatkan beasiswa .

‘’Alhamdulillah pada bulan puasa ini saya dan teman – teman dapat rezeki, saat ini orangtua dalam kendala keuangan, dengan beasiswa ini kami mendapatkan uang saku yang dapat meringankan beban orang tua. Kami janji akan giat belajar dan tidak mengecewakan madrasah. Terimakasih banyak kepada bapak kepala yang telah membantu kami,” ungkap siswa kelas XI.IPS 3 ini. (Yuli/Syafrial)

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -