Masa Pelunasan Biaya Haji Tahap 1 Diperpanjang, Ini Penjelasan Kakan Kemenag Kab. Solok

Koto Baru, SuhaNews – Kementerian Agama memperpanjang masa pelunasan biaya haji tahap pertama yang sebelumnya dijadwalkan berakhir pada 12 Februari 2024 diperpanjang hingga 23 Februari 2024 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S,Ag, MM yang ditemui di kantornya, Selasa (13/2) petang.

“Sebagaimana disampaikan oleh Dirjan Penyelenggara Haji dan Umrah, jemaah haji 2024 diberi kesempatan untuk melakukan pelunasan tahap pertama hingga 23 Februari 2024 mendatang, sebelumnya batas akhir pelunasan tahap I ini pada 12 Februari 2024,” ujar H. Zulkifli.

Disampaikan oleh Kakan Kemenang, untuk penyelenggaraan Haji tahun 1445 H / 2024 M ini, ada 212 jemaah dari Kabupaten Solok yang terdiri dari reguler sebanyak 158 orang dan 54 orang jemaah cadangan.

“Dari jumlah 158 jemaah reguler masih ada yang belum melakukan pelunasan karena terkendala belum selesainya entri data kesehatan / melakukan istitha’ah kesehatan sebanyak 34 orang,” ulas H. Zulkifli.

H. Zulkifli menjelaskan, untuk pelaksanaan haji tahun ini, jemaah mesti melakukan mengikuti istitha;ah kesehatan dulu sebelum melakukan pelunasan. Kemudian untuk kuota tambahan juga diberi kesempatan pada pendamping jemaah lansia dan mahram bagi jemaah perempuan dengan catatan calon pendamping atau mahram sudah memiliki nomor porsi haji dan mendaftar sebelum 13 Mei 2019.

“Hingga sore ini, jemaah haji Kabupaten Solok yang sudah melakukan rekam visa bio metrik sebanyak 133 orang, belum istitha’ah kesehatan 56 orang.” tukuk H. Zulkifli

Disebutkan juga, untuk mempercepat proses istitha’ah kesehatan, Kakan Kemenag sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok serta Puskesmas selaku pihak yang melakukan pemeriksaan dan entry data kesehatan jemaah.

“Semoga hingga batas akhir pelunasan nanti seluruh jemaah Kabupaten Solok dapat melengkapi smua syarat dan siap untuk berangkat ke tanah suci tahun ini” harap H. Zulkifli.

BACA JUGA  Kemenag Padang Panjang Sosialisasikan Haji Dini Muda di MAN 3

Menutup bincang singkatnya, H. Zulkifli mengatakan bahwa jemaah haji Indonesia kloter pertama akan berangkat menuju Arb Saudi pada 12 Mei 2024 mendatang, sedangkan jemaah asal Kabupaten Solok yang tergabung dalam Embarkasi Padang masih menunggu jadwal dari Panitia Kloter. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -