Masyarakat Perlu Memahami, Penyelenggaraan Jenazah Covid-19 Sesuai SOP

Arosuka, SuhaNews – Pemkab Solok bahas penyelenggaraan jenazah covid-19 agar tidak menimbulkan permasalahan di tengah-tengah masyarakat. Menyusul adanya penolakan di sejumlah daerah terhadap pemakaman jenazah covid-19 ini.

“Penyelenggarakan jenazah korban covid-19 harus memperhatikan dan mengikuti standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ada baik itu dari segi agama maupun kesehatan,” jelas Staf Ahli Bupati Solok Bidang Hukum dan Politik, Abdul Manan, Senin (20/4/2020)  di ruang Solok Nan Indah Arosuka.

Penyelenggaraan jenazah covid-19, jelas Abdul Manan, harus mengikuti SOP  yang sudah ditetapkan. Tujuannya untuk mencegah penularan penyakit dari jenazah ke petugas, kelurga, masyarakat maupun liungkungan sekitar.

masyarakat
Pemkab Solok bahas penyelenggaraan jenazah korban covid-19

“Camat dan wali nagari diharapkan memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara penyelenggaraan jenazah korban covid-19 sesuai SOP ini,” jelas Abdul Manan.

“Penyelenggaraan jenazah akan dipusatkan di dekat taman makam pahlawan di Arosuka,” jelas Abdul Manan.

Permasalahannya, jelas Abdul Manan, APD untuk petugas  di lapangan masih kurang terutama untuk tenaga kesehatan yang berada di garis depan dalam penanganan covid-19. Karena itu, pengadaan APD untuk tenaga medis ini perlu diatasi bersama.

Rapat pembahasan penyelenggaraan jenazah korban covid-19 ini diikuti oleh Bupati Solok diwakili staf ahli Bidang Hukum dan Politik Abdul Manan, Perwakilan Kemenag Kasi Bimas Islam Kemenag Kab Solok, Kadis kesehatan dr. Maryeti Marwazi, Dirut RSUD Arosuka drg.  Musfir Yones Indra, Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri, Pasi ops kodim 0309 Solok Kapten Chb. E Budiman S, Kabag Ops Polres Solok Arosuka Kompol Yuswawi, Perwakilan Kabag Ops Polres Solok Kota Iptu Kalidin, Kasat Pol PP Efriadi, dan Camat se-Kabupaten Solok.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, Maryeti Marwazi mengatakan bahwa pihaknya sudah mendistribusikan APD kepada petugas di lapangan. Tetapi APD tersebut masih kurang. Kita masih berupaya untuk melengkapi APD bagi petugas di lapanagan dengan  membeli APD pada tahap kedua yang menurut jadwal akan sampai pada bulan Mei 2020.

BACA JUGA  MAN 1 Solok Plus Keterampilan Sukses Gelar Gladi Bersih ANBK 2024
penyelenggaraan
masyarakat perlu mendapatkan sosialiasi

“RSUD Arosuka siap untuk menyelenggarakan jenazah korba covid-19 di Kabupaten Solok,” ujar Dirut RSUD Arosuka drg.  Musfir Yones Indra.

RSUD Arosuka, jelasnya,  sudah memiliki standar operasinal prosedur (SOP) pemulasaraan jenazah sesuai dengan keagaman dan kesehatan mulai dari pemandian, pengapanan jenazah, salat sampai ke pemakaman.

Sementara aparat keamanan Kodim dan Polres berharap agar camat dan wali nagari menyosialisasikan peyelenggaraan jenazah korban covid-19 ini kepada masyarakat agar tidak terjadi salah paham dalam pelaksanaannya.

“Kami siap membantu jika dibutuhkan, hubungi saja melalui ponsel atau WA,” jelas Pasi Ops Kodim 0309 Solok Kapten Chb E Budiman S.  Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -