Membanggakan, Hendarti Darmawan Masuk 10 Besar ajang SCENE 2024 yang digelar Kemenparekraf RI

SuhaNews — Membanggakan, Hendarti Darmawan Masuk 10 Besar ajang Masterclass Pengembangan Skenario Original Series (SCENE) 2024, yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) selama 5 Hari, dari hari Jumat sampai Rabu, 18 – 23 Oktober 2024, di Movenpick Hotel Jakarta City Centre, Gambir, Provinsi DKI Jakarta.

Penghargaan di serahkan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf RI, sekaligus Ketua Dewan Pengawas PT. Produksi Film Negara (PFN), Fadjar Hutomo.

Hendarti Darmawan kelahiran 24 November 1994, yang panggilan sehari-harinya Yeyen, merupakan perempuan asal Desa Balai Kuraitaji, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman menceritakan bahwa dirinya masuk sebagai penulis 10 cerita terbaik dari 500 peserta dan telah melakukan 4 tahapan seleksi dari seluruh Indonesia.

“Lebih dari 500 orang mendaftar di tahap Roadshow yang telah terselenggara dari Bulan Juli – Agustus dengan total 336 submisi pitch deck ide cerita yang masuk. Dari angka tersebut, di tahap inkubasi online tersaring 100 ide cerita terbaik yang diberikan beragam materi dan penugasan dari para experts,” jelasnya kepada Tim Media Center Dinas Kominfo Kota Pariaman, Sabtu sore (26/10/2024).

Yeyen juga menerangkan, melalui serangkaian inkubasi online dan kurasi ketat, di Bulan September 2024 akhirnya tersaring menjadi 50 naskah dan kemudian tersaring lagi menjadi 10 naskah terbaik dari 20 peserta yang berhak diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti inkubasi offline hingga demoday kepada para stakeholders di industry, untuk dipresentasikan pada SHOWCASCENE 2024, ujarnya.

“Alhamdulillah, saya bersama peserta Servita Ramadhianti dari Balikpapan (Kalimantan Timur), membuat cerita berjudul Dua Ratu, sehingga berhasil masuk 10 naskah terbaik. Seharusnya, penghargaan ini diserahkan langsung oleh bapak Sandiaga Uno, tetapi karena sudah ganti Menteri, diwakilkan sama Pak Fadjar Hutomo selaku Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf RI, dan sinopsis cerita saya juga telah tercatat secara Hak Cipta,” ungkapnya.

BACA JUGA  Pemko Padang Panjang Dukung Program PHRI Pulihkan Pariwisata

Sementara itu Pj Wali Kota Pariaman, Roberia mengapresiasi pencapaian warga Kota Pariaman ini yang telah mengharumkan nama Kota Pariaman diajang Nasional, dan dapat bersaing dengan talenta-talenta lainya yang berasal dari seluruh Indonesia, ucapnya.

“Kami mengapresiasi kesuksesan Yeyen di ajang Masterclass Pengembangan Skenario Original Series 2024 oleh Kemenparekraf RI, semoga hal ini dapat ditiru oleh generasi muda lainya asal Kota Pariaman, dan kami selaku pribadi dan atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih, karena sudah mengharumkan nama Kota Pariaman,” tutupnya.

Kegiatan ini, dalam rangka mendorong pengembangan industri layar nasional, telah melaksanakan rangkaian program Masterclass Pengembangan SCENE, yang puncaknya “SHOWCASCENE 2024” yang merupakan ajang perayaan dan penghargaan bagi talenta penulis skenario baru yang siap mewarnai industri layar Indonesia.

Program ini merupakan inisiasi dari pemerintah khususnya Kemenparekraf RI, melalui Direktorat Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio, untuk menjembatani kebutuhan industri akan konten dan ide cerita dengan talenta baru dari seluruh nusantara, dalam rangka mendukung ekosistem ekonomi kreatif, dan tahun 2024 ini merupakan Tahun kelima dilaksanakan sejak dimulai tahun 2020.

Sasaran output penyelenggaraan Masterclass Pengembangan SCENE secara umum adalah, Produk kreatif berupa naskah skenario yang berkualitas dan potensial di industri, dan Para talenta penulis skenario baru, yang siap masuk industri. (*)

Baca Juga:

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -