Mengenali Ciri Corona dan Perbedaan Dengan Flu Biasa

Mengenali Ciri Corona dan Perbedaan Dengan Flu Biasa
SuhaNews. Penanganan infeksi virus corona masih dilakukan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Beberapa negara melaporkan pasien yang sembuh setelah dirawat meski korban corona terus ada.

Angka kematian akibat corona virus saat ini masih cenderung terus meningkat. Untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut hingga mengakibatkan kematian, ciri-ciri awal corona virus harus diperhatikan dan mendapat penanganan secepatnya. Dikutip dari Telegraph ada 10 ciri-ciri awal corona virus pada pasien.

Berikut ciri-ciri awal corona virus,

1. Batuk kering

2. Suhu tubuh tinggi

3. Letih

4. Napas pendek pada beberapa kasus

5. Tubuh terasa sakit dan ngilu

6. Hidung tersumbat

7. Pilek

8. Tenggorokan sakit

9. Diare

10. Secara umum merasa tidak enak badan

Kondisi tidak enak badan biasanya dialami pasien yang tak merasakan gejala spesifik, akibat infeksi virus corona. Ciri-ciri awal corona virus dan gejalanya kebanyakan muncul 2-10 hari setelah kontak dengan virus.

Tapi pada beberapa kasus, ciri-ciri awal corona virus dan gejalanya baru muncul sekitar 24 hari. Untuk membedakan ciri-ciri awal corona dan flu biasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut beberapa poin yang bisa membedakan ciri-ciri awal corona virus dan flu biasa,

1. Dalam 14 hari sempat bepergian ke negara yang dianggap sumber virus corona

2. Sempat kontak dengan pasien yang mengalami infeksi corona

Indonesia saat ini melarang kedatangan warga negara asing atau WNA dari Italia, Korea Selatan, Iran, dan China. Indonesia juga melarang umroh, seperti yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi, hingga ada keputusan lebih lanjut. Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran yang menjadi ciri-ciri awal corona virus, hingga menyebabkan kematian.

Ciri-ciri awal corona virus dilaporkan bisa ditangani, sehingga pasien tak perlu mengalami infeksi lebih lanjut. Pada pasien virus corona dengan kondisi tersebut bisa sembuh dan sehat seperti semula.

BACA JUGA  Liga 1 Berhenti, Gaji Pemain Tak Ada Kepastian

Namun pada beberapa kasus, infeksi virus corona menyebabkan kematian. Berikut faktor risiko atau ciri-ciri korban corona virus,

1. Biasanya terjadi pada orang tua atau telah berusia lanjut

2. Memiliki sistem daya tahan tubuh atau daya imun yang lemah

3. Sudah memiliki faktor risiko masalah kesehatan sebelumnya, yaitu

a. tekanan darah tinggi

b. gangguan jantung

c. masalah paru-paru

d. diabetes

e. Punya penyakit serius lainnya

Kendati memiliki faktor risiko tersebut, tak perlu langsung menyerah menghadapi virus corona. Sangat disarankan segera ke fasilitas kesehatan terdekat sehingga mendapat pertolongan secepatnya. Penanganan sedini mungkin meningkatkan peluang sembuh pasien virus corona. Red

Sumber : Detik.com

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...