Menunggu Bus ke Arafah, CJH 50 Kota Gemuruhkan Lobi Hotel dengan Zikir dan Talbiyah

Lima Puluh Kota, SuhaNews — Lantunan Talbiyah dan Zikir warnai suasana antrian penjemputan Calon Jemaah Haji Kabupaten Lima Puluh Kota, Senin (26/6)/8 Zulhijjah 1444 H. Suasana syahdu ini terjadi di lorong dan lobi hotel sembari menunggu bus yang akan mengantrakan jemaah ke Arafah.
Didampingi petugas kloter, selain bertalbiyah dan berzikir, diantara jemaah juga ada yang membaca Alquran. Berbagai aktifitas bermanfaat lainnya juga dilakukan oleh jemaah Kabupaten Lima Puluh Kota bersama jemaah Kota Padang Panjang yang tergabung dalam kloter 5.
392 orang jemaah di kloter 5 tersebut dengan suara lirih terus melantunkan kalimat-kalimat thayyibah hingga bus yang akan mengantarkan mereka ke arafah tiba. Sebelum menaiki bus, jemaah kembali mendapatkan arahan dari petugas kloter terkait perjalanan menuju arafah. Usai menerima pengarahan, jemaah yang terdiri dari laki-laki 156 orang, perempuan 236 orang, dan 155 orang jemaah lansia, dengan teratur menaiki bus. Bus datang sekitar pukul 11.00 WAS.

Ketua Kloter 5 Embarkasi Padang, Irfan Junaidi, menjelaskan, Insyaallah semua jemaah Kloter 5 akan diangkut ke Arafah secara normal, artinya tidak ada yang safari wukuf,  termasuk 13 orang jemaah yang tergolong beresiko tinggi (risti) atau yang memakai kursi roda, dan 155 jemaah lansia.

“Alhamdulillah keadaan jemah kita sehat dan bisa menuju arafah dengan lengkap, tidak ada yang dirawat. Kami mohon doa agar perjalanan ibadah haji ini berjalan lancar. Kita juga berpesan kepada jemaah agar membawa pakain secukupnya, tidak berlebihan, agar tidak memberatkan,” terang Irfan.

Irfan juga mengingatkan agar jemaah tetap fokus beribadah. Setelah tiba di arafah nanti, jemaah segera menempati maktab yang telah ditentukan, mengingat suhu di Arafah saat ini mencapai hingga 45 derjat celcius. Jemaah kloter 5 akan menempati maktab 54 bersama 7 kloter lainnya.

Sekitar 45 menit perjalanan, jemaah tiba di arafah sekitar pukul 15.00 WAS. Selama dalam perjalanan, Irfan menjelaskan bahwa jemaah tetap melantunkan kalimat-kalimat thayyibah, namun ada juga yang beristirahat. Sampai di Arafah, jemaah langsung diarahkan menuju maktab untuk kemudian beristirahat atau membaca Alquran, melantunkan kalimat-kalimat thayyibah lainnya, salat,  serta memperbanyak ibadah lainnya. Selanjutnya jemaah akan mempersiapkan diri untuk wukuf besoknya pada tanggal 9 Zulhijjah 1444 H/(27/6).(Nina)

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -