MGMP Bahasa Indonesia SMP Sumbar Bahas RPP 1 Lembar

MGMP Bahasa Indonesia bersama narasumber di Padang

Padang Panjang, SuhaNews – Forum MGMP Bahasa Indonesia SMP Sumatera Barat menggelar temu ilmiah, Minggu (16/2) ini di SMPN 5 Padang Panjang. Pertemuan kali ini membahas Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

“Ini pertemuan kedua untuk membahas RPP sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud,” ujar Hj. Yurnelis, M.Pd., Ketua FMGMP Bahasa Indonesia SMP Sumatera Barat, didampingi Sekretaris Aprijon, M.Pd.

MGMP ini, jelas Yurnelis dan Aprijon digelar sekali sebulan. Kegiatan dilakukan dengan sistem mobile atau berpindah-pindah antarkabupaten/kota di Sumatera Barat. Sementara matreri kegiatan disesuaikan dengan kebutuhan guru terkini.

“Sekarang sedang hangat dibahas tentang RPP satu lembar,” jelas Yurnelis.

Kegiatan di SMPN 5 Padang Panjang

Memenuhi permintaan peserta, maka pada pertemuan pertama di SMPN 12 Padang pada Januari 2020 lalu, sudah dimulai membahas RPP yang diharapkan oleh Mendikbud tersebut. Dalam Surat Edaran ini ada empat pasal yang perlu menjadi perhatian guru.

“Penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid,” jelas Yurnelis mengutip pasal 1 Surat Edaran Mendikbud Nadiem  Anwar Makarim, tertanggal 10 Desember 2019 tersebut.

Efisien dalam surat edaran ini dimaksudkan  dengan penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif  berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Beragam Materi MGMP

Dijelaskan, Kegiatan MGMP Bahasa Indonesia SMP Sumbar ini selalu digelar hari Minggu karena pada hari lainnya setiap daerah menggelar MGMP di daerah masing-masing. Di samping itu, kegiatan digelar sekali sebulan, bukan setiap pekan karena dilakukan secara mandiri.

“Beragam  materi menjadi bahasan dalam MGMP ini,” ujar Aprijon.

Salah satu karya guru

Selain membahas  masalah perangkat pembelajaran, juga membahas masalah pendalaman nateri, bimbingan penuisan publikasi ilmiah, penulisan artikel, makalah, PTK atau buku. Serta membahas perkembangan pendidikan secara umum.

Pada Minggu (16/2) ini, jelas Yurnelis materinnya adalah “RPP 1 Lembar” dengan narasumber Mulyadi, M.Pd., pengawas terbaik Nasional 2019. Semoga MGMP ini bisa menjawab keraguan guru tentang Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019 ini. Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...