MGMP Matematika Kab. Solok Gelar Kompetisi Sains Matematika 2020

Solok, SuhaNews. MGMP matematika kabupaten Solok mengadakan perlombaan kompetisi Sains Matematika (KSM) yang ke 5 dan Seni Bermatematika yang ke 2 Kamis (27/02) di SMPN 3 Gunung Talang. Perlombaan kali ini bertemakan “Dengan Bermatematika dapat memfasilitasi menuju siswa hebat”.

Ketua pelaksana Dedi Hermanto,S.pd dalam laporannya megatakan bahwa perlombaan ini merupakan agenda rutin yang selalu di programkan setiap tahunnya oleh MGMP Matematika kab.Solok dengan tujuan untuk mencari bibit bibit unggul agar bisa dipersiapkan dalam perlombaan Olimpiade yang akan digelar bulan Maret nanti oleh dinas pendidikan pemuda dan olah raga kab. Solok ucap Dedi saat menyampaikan laporannya.

“Selain Kompetisi matematika kita juga mengadakan perlombaan seni Bermatematika dengan harapan bahwa peserta didik bukan saja bisa menguasai numerasi namun juga bisa menguasai kemampuan menalar melalui bakat Seni yang ada pada dirinya”, ungkap ketua Panitia.

Yeni,Spd selaku Koordinator dan sekaligus tuan rumah mengatakan bahwa pelaksanaan kompetisi ini sudah 5 tahun dilaksanakan secara berturut turut dan alhamdulilah setiap tahunnya bisa kita evaluasi agar bisa menjadi lebih baik lagi sambung Yeni,S.Pd.

“Kita sudah berusaha mempersiapkan lokasi senyaman mungkin agar para peserta betah dalam menuangkan inspirasinya di kampus spenggo Greenschool ini”,imbuh Yeni.

Ketua MKKS Drs Arnis dalam sambutannya menyampaikan turut berbahagia dan mengapresiasi kepada keluarga Besar MGMP Matematika kab. Solok

” Walaupun yang menyelenggarakannya MGMP Mat Wilayah tengah Namun MGMP wilayah Utara dan selatan ikut mensukseskan nya dengan mengutus peserta didiknya demi mensukseskan acara, agak berbeda dengan MGMP yang lain yang hanya melaksanakan Lomba hanya Diwilayah MGMP masing masing”, papar Arnis

Sementara itu Arnis juga menyampaikan bahwa sudah banyak dari kalangan guru matematika yang telah sukses dan menjadi pejabat termasuk Sekretaris Disdikpora saat ini yaitu bapak Sukiman Agus,S.Pd.MM maka mari kita minta kiat kiat dari beliau melalui pengalaman beliau hingga bisa menjadi sekarang ini tutup Arnis menyudahi.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Zulkisar,S.Pd.MM yang diwakili oleh Sukiman Agus SPd.MM mengatakan untuk bisa bersaing dalam menghadapi permasalahan di abad ke-21 yang semakin kompleks, anak-anak Indonesia harus tumbuh dengan karakter modern. Penguasaan sains dan teknologi mutlak harus dikejar oleh bangsa ini, khususnya untuk generasi muda”,ulasnya.

“Anda akan hidup di era yang berbeda, karena belajar dari perubahan perubahan yang terjadi kita bisa melihat penguasaan sains dan teknologi sangat menentukan. Sains dan teknologi itu mutlak. Penguasaan sains bukan hanya ilmu sains terapan tapi juga ilmu murni,” tutur Sukiman Agus

Kedepannya, kata Sukiman agus, anak-anak di Indonesia harus mempunyai beberapa pilar karakter yang ideal dalam menyongsong masa depan.

“Matematika merupakan bahasa dari ilmu ilmu sains lainnya, maka jadikan matematika itu sebagai hal yang menyenangkan bukan hal yang menakutkan, Orang matematika cendrung berfikir dulu baru berbuat,

Matematika itu sesuatu yang menyenangkan jika ada kendala jg patah arang.namun jangan berhenti ditengah jalan,Jangan benci kepada matematika kalau ingin menguasai ilmu pasti. Tidak selalu orang yang pintar matematika harus memilki IQ yang tinggi”,pungkas Sukiman.

Diakhir sambutannya Sukiman menyampaikan pesan dari kadis Disdikpora agar bersama sama mensukseskan Ujian Nasional yang merupakan ujian terakhir yang diikuti oleh peserta didik tahun ini sekaligus membuka lomba pertanda dimulainya acaranya.

Adapun peserta yang ikut kali ini sebanyak 94 orang peserta kompetisi Matematika dan 28 orang peserta seni Bermatematika yang berasal dari SMP dan MTS yang ada di kabupaten Solok.

reporter : Dedi Hermanto editor : Moentjak

Baca Juga :

Bertekad Pertahankan Piala Juara Umum, 5 Siswa MTsM Cupak Ikuti Pra OSN

Facebook Comments

loading...