MIN 3 Solok Dapat Pelatihan Dokter Cilik Dari Puskesmas Alahan Panjang

pembelajaran

Alahan Panjang, SuhaNews. 30 siswa MIN 3 Solok mengikuti pelatihan Dokter Cilik yang difasilitasi oleh Puskesmas Alahan Panjang. Pelatihan ini berlangsung mulai Selasa (25/2) sampai Rabu (26/2) di kampus madrasah tersebut Jembatan Besi Alahan Panjang.

Kepala MIN 3 Dra. Hj. Tatisni menyebutkan bahwa pelatihan ini sangat menunjang kepada program madrasah untuk menjadi madrasah sehat. Untuk ihaknya berterima kasih pada Kepala Puskesmas Alahan Panjang, Darmayanti. PZ, SKM yang telah memberi kesempatan pada siswa-siswi MIN 3 Solok.

“Ini bukan kali pertama Puskesmas Alahan Panjang mengadakan program pembinaan di MIN 3 Solok, sebelumnya juga ada penyuluhan kesehatan gigi dan mulut,” ujar Hj. Tatisni.

Berita Terkait : Puskesmas Alahan Panjang Gelar Gosok Gigi Massal di MIN 3 Solok

Hj. Tatisni menyebutkan bahwa 30 orang kader Dokter Cilik yang dilatih nantinya akan menjadi tutor sebaya bagi siswa MIN 3 Solok dalam pengelolaan kesehatan. Selian itu bersama pembina UKS nantinya doter cilik juga akan bertugas melayani dan memberikan pertolongan pertama bagi warga madrasah yang membutuhkan pelayanan UKS.

Menutup keterangannya Hj. Tatisni berharap dengan adanya para dokter cilik ini nantinyantidak hanya menerapkan program dan ilmu mereka di madrasah tetpai juga dalam keluarga dan masyarakat, sehingga semangat hidup sehat yang ditularkan oleh Puskesmas Alahan Panjang juga menyebar ke masyarakat melalui siswa-siswi MIN 3 Solok.

Adapaun materi yang diberikan selama pelatihan berlangsung adalah ; UKS, Sekolah Sehat dan PHBS. Kemudian juga tentang Gizi, Kesehatan Lingkungan dan pencegahan penyakit menular.

Selain itu juga disampaikan materi tentang pentingnya Imunisasi, Napza, Kesehatan Gigi dan Mulut serta P3K dan P3P.

Sebagai penanggung jawab program di MIN 3 Solok, Puskesmas Alahan Panjang menunjuk Nora Oktavia, AMKG sebagai koordinator. Moentjak

Baca Juga :

2 Siswa MIN 3 Solok Bawa Nama Alahan Panjang ke Tingkat Nasional

Facebook Comments

loading...