Minangkabau Basapeda Salingka Danau Dipusatkan di Dermaga Singkarak

Singkarak SuhaNews  Dalam rangka memperingati HUT Provinsi Sumatera Barat ke-78 tahun 2023, Pemprov Sumbar menggelar Minangkabau Basapeda Salingka Danau Singkarak, Sabtu, 30 September 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Suma tera Barat  H. Mahyeldi Ansharullah,  Datuak Marajo, Bupati Solok  H. Epyardi Asda, Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, Datuk Tianso, Kketua TP PKK Kab Solok Ny Emiko Epyardi, Anggota DPR-RI Athari Gauthi Ardi, Pmpinan DPRD Kabupaten dan Kota Solok, Forkopimda, Kepala Bank BI Sumatera Barat,  Kepala Bank Nagari Cabang Solok, Kepala OPD, dan Goweser dari berbagai kabupaten/kota di provinsi Sumatera Barat dan luar Sumbar.

Baca juga: Bupati Solok Pimpin Gotong Royong di Dermaga Singkarak

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Sumbar,” ujar Ketua Panitia, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumbar Maifrizon.

Dalam kegiatan ini, jelas Maifrizon, disediakan sebanyak 78 buah sepeda dan dua sepeda listrik yang akan dibagikan sebagai hadiah kepada peserta dan masyarakat di selingkaran Danau Singkarak yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Lebih kurang 10.000 peserta ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, yang berasal dari Sumbar dan luar Sumbar seperti Jambi, Bengkulu, Riau, Sumatera Selatan dan daerah lainnya,” tambah Maifrizon.

Jarak yang ditempuh dalam kegiatan ini, jelas Maifrizon, sepanjang 58 km dengan start dan finish di Dermaga Danau Singkarak,

Adapun rutenya adalah Dermaga Singkarak- Ombilin, Tanjung Mutiara, Malalo-Paninggahan-Muaro Pinggai-Saniangbaka-Sumani dan finish di Dermaga Danau Singkarak.

Bupati Solok Epyardi Asda mengucapkan selamat datang dan selamat bersepeda ria  kepada semua peserta Minangkabau Basapeda Salingka Danau Singkarak.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, Kabupaten Solok semakin dikenal, sehingga semakin banyak kunjungan wisatatan,” ujar Epyardi Asda.

BACA JUGA  Masyarakat Muaro Paneh Temu Ramah dengan Bupati Solok

Kabupaten Solok bukan hanya memiliki Danau Singkarak, jelas  Epyardi,  ada 5 danau yang kita memiliki nilai jual.

“Kita siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi untuk menyelenggarakan kegiatan ini tahun depan sehingga bisa meningkatkan pariwisata Sumbar,” tambah Epyardi Asda.

Minangkabau Basapeda Salingka Danau Dipusatkan di Dermaga Singkarak 1Sementara Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa kegiatan Minangkabau Basepeda ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat pada kegiatan sepedanya, namun juga berdampak pada efek lainnya, seperti wisata dan meningkatkan ekonomi warga setempat.

Pemerintahan Provinsi, jelas Buya Mahyeldi, mendukung kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Solok yang memiliki keindahan luar biasa.

“Kita berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara kontinu dan menjadi kalender wisata Pemerintah Provinsi Sumatera Barat,” harap Gubernur Mahyeldi. Wewe

Baca juga: Mak Del dari Padang Panjang Ingin Bersepeda ke Tanah Suci Makkah

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -