ODP di Sumbar Kembali Naik Jadi 239 Orang, Belum Ada yang Positif

SuhaNews. Hingga Minggu 22 Maret 2002 malam, orang dalam pemantauan (ODP) di Sumatra Barat berjumlah 239 orang. Demikian dilansir situs resmi “Sumbar Tanggap Corona”: corona.sumbarprov.go.id.

Menurut situs tersebut, pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 29 orang. Selain itu, 29 orang sudah diperiksa. Sebanyak 6 orang di antaranya dinyatakan negatif Covid-19 (virus corona). Sisanya, 23 lainnya masih dalam pemeriksaan.

Sementara, belum ada yang terkonfirmasi positif terkena virus corona di Sumbar. Angka meninggal dunia akibat pandemi virus ini juga masih nol.

Berita Terkait : Pemprov Sumbar Luncurkan Website Pantau Corona

Sebelumnya, jumlah ODP Virus Corona di wilayah di Sumbar sempat mencapai 1.503 orang. Kemudian pada Jumat (20/3/2020) turun drastis menjadi 102 orang.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada Jumat menyebutkan, berkurangnya ODP di Sumbar pada Jumat itu karena sudah habisnya masa 14 hari pemantauan. Sehingga jumlah bersisa jadi 102 orang. Namun, jumlahnya kembali naik 134 persen dalam dua hari menjadi 239.

ODP (orang dalam pemantauan) dalam pengertian penanganan Covid-19, apabila seseorang sempat bepergian ke negara lain yang merupakan pusat penyebaran virus corona. Atau apabila pernah berkontak langsung dengan pasien yang positif corona. Orang yang masuk dalam kelompok ini adalah mereka yang belum menunjukkan gejala sakit.

Sedangkan, orang yang masuk ke dalam kategori PDP (pasien dalam pengawasan) bila sudah dirawat oleh tenaga kesehatan (menjadi pasien) dan menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek, dan sesak napas.

Sementara itu, suspect corona adalah orang yang diduga kuat terjangkit infeksi Covid-19, dengan menunjukkan gejala virus corona dan pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif corona. Red

Sumber : Langgam.Id

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...