Pagadih Gelar Festival Budaya Tanam Padi, Wabup Agam: Pertahankan Tradisi Ini

budaya
Palupuh, SuhaNews – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pagadih, Jorong Pagadih Hilia Nagari Pagadih Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam menggelar festival budaya batanam padi, selama empat hari, 1-4 Juli 2021.

“Kegiatan festival tanam padi ini merupakan wujud syukur masyarakat Pagadih atas terlaksananya batanam padi di Pagadih karena proses panen padi yang cukup lama,” ujar Ketua Pokdarwis Pagadih, Pikri Kurniawan, Kamis (1/7).

Bagi masyarakat di sini, jelas Pikri, menanam ataupun panen padi menjadi suatu yang kita tunggu-tunggu karena, proses panennya cukup lama atau hanya 3 kali dalam 2 tahun.

Baca juga: Aksi Nyata Bersama Masyarakat Melalui Festival Lingkungan Astra 2021  

Festival budaya batanam padi dibuka secara resmi oeh Wakil Bupati Agam Irwan Fikri. Kedatangan wakil bupati disambut tari pasambahan yang dimainkan anak nagari Pagadih Hilia.

Iven ini juga dimeriahkan oleh daerah tetangga, seperti Kabupaten Lima Puluhkota. Festival budaya akan dikolaborasikan dengan potensi pariwisata alam yang ada di Pagadih.

“Kita punya wisata alam, wisata budaya dan potensi agrowisata. Insya allah, berkat bantuan pemerintah kita akan kembangkan semuanya,” jelasnya.

Penilaian dalam festival tanam padi itu, dilihat dari aspek kecepatan dan kerapian bertanam.

“Terimakasih dan kita mengaapresiasi pelaksananaan iven yang menjadi salah satu cara pemasaran potensi wisata Agam,” ujar Wakil Bupati Irwan Fikri.

Kita menyadari, jelas Irwan Fikri, Agam memiliki kekayaan wisata. Mulai dari alam, adat, budaya maupun wisata kulinernya.

“Kita menjadikan wisata sebagai salah satu prioritas pembangunan,” ujar Wabup Agam, sebagaimana dirilis AMCnews.

Festival batanam padi ini, tambah wabup, adalah iven yang menarik dan tak kalah pentingnya adalah mempertahankan tradisi masyarakat Pagadih. (*/We)

Baca juga: Pokdarwis Pagadih, Kabupaten Agam Bakal Menggelar Festival Batanam Padi

Facebook Comments

BACA JUGA  Pokdarwis Pagadih, Kabupaten Agam Bakal Menggelar Festival Batanam Padi
loading...
Artikel sebelumyaKecelakaan Bus dan Truk di Panyalaian, Jalur Bukittinggi Macet
Artikel berikutnyaKakanwil Kemenag Sumbar Buka Kegiatan Moderasi Beragama di Payakumbuh