Pasca UAS, MAN I Bukittinggi Gelar Ujian Praktek Ibadah

Siswa MAN 1 Bukittinggi mengikuti Ujian Praktek Ibadah sebagai bagian dari Ujian Semester

Bukittinggi, SuhaNews. Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang telah turut berperan aktif dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional sesuai dengan UU. No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

MAN 1 Bukittinggi Selasa dan Rabu , 10 dan 11 Desember 2019 lalu mengadakan Praktek Ibadah Penyelenggaraan Jenazah, Tausyiah dan Khutbah Jum’at bagi siswa kelas XII dengan tujuan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa bertempat di Mushola Syahiral ‘Ilmi MAN 1 Kota Bukittinggi.

Kepala MAN 1 Bukittinggi Irsyad menyampaikan dengan adanya kegiatan tersebut di harapkan para siswa/i tamatan MAN 1 Kota Bukittinggi dapat menjadi tauladan baik dari segi akhlak maupun ibadahnya. Sebagai lulusan Madrasah tentunya mereka harus mampu dan mempunyai keterampilan khususnya dalam hal penyelenggaraan Jenazah, Tausyiah dan Khutbah Jumat sehingga nantinya bisa mempraktekkan di tengah-tengah masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan pengaplikasian dari teori yang di dapat di kelas. ketika melepas siswa Kelas XII nantinya akan diserahkan sertifikat mahir dan trampil dalam penyelenggaraan Jenazah, Tausyiah, dan Khutbah Jum’at,” tuturnya.

Tim Penilaian terdiri dari Guru PAI MAN Bukittinggi Ustad Anas Lubuk, Ustad Zulkhairi dan Ustad Feri Hendra, Ustad Marwan Ilham Lc, Mulyani, Novia Hermaniza, Rohana, Ernitha Thamrin, Afrida Yanti dan Tatri yanti.

Kordinator Keagamaan MAN 1 Bukittinggi Ustad Anas Lubuk menyampaikan bahwa tuiuan praktek ibadah tersebut khususnya Praktek Ibadah Penyelenggaraan Jenazah, Tausyiah dan Khutbah Jum’at sangat penting dilaksanakan untuk melihat kemampuan siswa kls XII. “Dari hasil penilaian masih banyak siswa yang ragu-ragu dalam pelaksanaanya sehingga dalam evaluasi guru sebagai Tim Penilaian memberikan penekanan dan lebih memperjelas keraguan tersebut,” tuturnya.

Kelihatan para siswa sangat bersemangat dan antusias mengikuti Ujian Praktek ibadah tersebut sebagai ajang mengulang kembali pelajaran dan praktek yang pernah mereka pelajari di kelas.

reporter : Yal   editor : Moentjak

 

Facebook Comments

loading...