Pemain Keturunan Afrika di Euro 2024

SuhaNews – Euro 2024 sudah masuk babak semifinal. Empat negara sudah memastikan akan berlaga di semifinal. Keempatnya adalah Spanyol, Inggris, Prancis dan Belanda. Dari empat negara yang akan berlaga di semifinal ini, ternyata semuanya diperkuat pemain keturunan dari Afrika.

Timnas Spanyol lolos ke babak semifinal Euro 2024 dengan catatan spesial. La Roja selalu menang pada lima laga yang dimainkan, termasuk menang 2-1 lawan Jeman pada babak 8 Besar lewat extra time.

Baca juga: Euro 2024: Menang Penalti, Inggris Hadapi Belanda di Semifinal

Bersama Spanyol, tiga negara lain yang lolos ke babak semifinal Euro 2024 antara lain Inggris, Prancis, dan Belanda. Ketiganya juga tampil bagus pada babak 8 Besar lalu.

Prancis jadi tim yang diperkuat banyak pemain keturunan Afrika. Hal yang sama juga berlaku di kubu Spanyol, Inggris, dan Belanda. Siapa saja pemain keturunan Afrika di semifinal Euro 2024?

Timnas Spanyol

Pemain Keturunan Afrika di Euro 2024 1
Nico Williams, Spanyol

Perjalanan Spanyol di Euro 2024 tak lepas dari kontribusi Nico Williams dan Lamine Yamal. Keduanya sangat dominan dalam aspek serangan Spanyol, terutama dari sisi sayap.

Nah, Nico dan Yamal punya darah Afrika. Pada kasus Yamal, dia memang lahir di Spanyol, akan tetapi dari orang tua Afrika. Ayahnya dari Maroko dan ibunya dari Guinea Ekuatorial.

Nico Williams lahir Pamplona. Dia bermain untuk Athletic Bilbao sejak level usia. Kedua orang tuanya berasal dari Ghana. Mereka melakukan perjalanan melintasi Gurun Sahara untuk sampai di Spanyol.

Timnas Inggris

Pemain Keturunan Afrika di Euro 2024 2
Pemain Inggris, Bukayo Saka

Bukayo Saka jadi bintang Inggris pada babak 8 Besar lawan Swiss. Bukayo Saka mencetak gol yang membuat skor menjadi 1-1. Saka juga mencetak gol pada babak adu penalti.

Saka lahir di London, dari orang tua yang berasal dari Nigeria. Orang tua Saka pindah ke Inggris karena alasan ekonomi. Nama ‘Bukayo’ diambil dari bahasa Nigeria yang berarti sumber kebahagiaan.

BACA JUGA  10 Tenaga Kesehatan Padang Panjang Sembuh dari Covid-19

Saka bukan satu-satunya unsur Afrika di skuad Timnas Inggris. Marc Guehi (Pantai Gading), Kobbie Mainoo (Ghana), Ezri Konsa (Republik Demokratik Kongo), dan beberapa nama lain.

Timnas Prancis

Pemain Keturunan Afrika di Euro 2024 3
Pemain Prancis, Marcus Thuram

Prancis sejak lama diperkuat pemain yang punya dari Afrika. Zinedine Zidane jadi salah satu contohnya. Sang legenda punya darah Aljazair. Orang tuanya adalah imigran.

Di Euro 2024, Prancis juga dibela pemain keturunan Afrika. Duet bek tengah, William Saliba dan Dayot Upamecano, punya darah Afrika. Saliba keturunan dari Kamerun dan Upamecano punya darah Guinea-Bissau.

Kylian Mbappe juga punya darah Afrika dari sang ayah Wilfried (Kamerun). Lalu, masih ada nama Aurelien Tchouameni dan N’Golo Kante masih beberapa lainnya yang punya darah Afrika.

Timnas Belanda

Pemain Keturunan Afrika di Euro 2024 4
Pemain Belanda, Memphis Depay

Seperti tiga negara di atas, Belanda juga diperkuat banyak pemain keturunan. Paling tidak, ada 15 pemain keturunan di skuad Der Oranje. Termasuk pemain keturunan Indonesia, Tijjani Reijnders.

Nathan Ake, Joshua Zirkzee, Jeremie Frimpong, dan Memphis Depay punya darah Afrika.

Zirkzee punya darah Afrika dari sang ibu, yang berasal dari Nigeria. Sedangkan, sang ayah dari Belanda. Sedangkan, Frimpong mewarisi darah Ghana dari orang tuanya. Dia sempat diminta membela Ghana, akan tetapi menolak.

Baca juga: Euro 2024: Menang Dramatis, Spanyol Hadapi Prancis di Babak Semifinal

Sumber: bola.net

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -