Pemda Mentawai Siap Sediakan Kantor Sementara Pengadilan Agama, UPTD UMKM Diusulkan

Tuapejat, SuhaNews –  Pj. Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak, S.St.Pi.,M.Pi menyampaikan terimakasih atas atensi Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Barat, untuk rencana pembangunan Kantor Agama di Mentawai, tepatnya ruang rapat Sekretariat Daerah. Kamis (11/07/2024).

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati menyampaikan bahwa kehadiran Kantor Pengadilan Agama di Mentawai memang sangat dibutuhkan, sama halnya kantor pengadilan negeri. Karena sudah menjadi dasar pelayanan di daerah ataupun wilayah kabupaten.

“Memang betul Kabupaten Mentawai saat ini sangat butuh kantor pengadilan agama dan pengadilan negeri, demi menunjang pelayanan kepada masyarakat mentawai”. Ungkap Fernando.

Lebih lanjut lagi, Fernando J. Simanjuntak mengatakan dengan adanya dua kantor di Mentawai yaitu kantor pengadilan agama dan pengadilan negeri, masyarakat Mentawai tidak lagi mengeluarkan banyak biaya untuk pengurusan pengadilan di kota padang. Dihitung dari frekuensi, semakin tahun masyarakat Mentawai semakin sering pengurusannya baik itu dalam proses maupun putusannya.

Mentawai

“Adanya kantor pengadilan agama memudahkan masyarakat Mentawai untuk mengurus urusannya yang terkait dengan pengadilan agama”. Imbuhnya

Fernando juga menyampaikan atas nama Pemda Mentawai mengucapkan terimakasih atas atensi pengadilan agama Sumatera Barat atas rencana pembangunan kantor pengadilan agama di mentawai.

“Tidaklah berlebihan Pemda Mentawai mengucapkan terimakasih kepada kantor pengadilan agama untuk rencananya membangun kantor di mentawai.”ucapnya

Terkait peminjaman kantor pengadilan agama sementara di mentawai, Pemda Mentawai juga mengusulkan kantor UPTD Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), siap untuk dipakai menjalang adanya kantor permanen pengadilan agama di Mentawai. Dan Pemda Mentawai juga berharap kantor tersebut bisa difungsikan sehingga pelayanan warisan ataupun perkawinan cepat selesai.

Dari usulan Pemda Mentawai tersebut, disambut baik oleh tim Pengadilan Tinggi Agama Padang untuk siap dipakai.

BACA JUGA  Pj. Bupati Mentawai Mengimbau Warga Agar Tetap Waspada Menghadapi Isu Megathrust

Dalam rapat tersebut dihadiri Martinus D. S.Sos.,M.M, Dr. Abdul Hamid Pulungan (ketua pengadilan tinggi agama padang) dan tim, Lamuddin Siregar (asisten perekonomian dan pembangunan), Arsenius (kepala dinas perindakop) dan Marsen S.Sos (camat sipora utara). Sekaligus penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah antara Pemda Mentawai dengan Pengadilan Tinggi Agama Padang.

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -