Pencipta Lagu Bento Itupun Pergi Untuk Selamanya Dalam Kondisi Kehidupan yang Mengenaskan

SuhaNews. Musisi dan juga merupakan seorang jurnalis senior, Naniel Yakin telah menghembuskan nafas terakhirnya, Jumat (21/2/2020) di RS Pamulang sekitar pukul 11.00 WIB. Kepergian sang pencipta lagu ‘Bento’ ini dibenarkan oleh pengamat musik Bens Leo.

“Ya, sekitar jam 11.00 WIB di RS Pamulang,” ujar Bens Leo.

Bens mengakui sempat dihubungi oleh anak Naniel Yakin kemarin malam. Saat itu, anak Naniel mengabarkan bahwa sang ayah masuk rumah sakit. “Saya dikontak putranya kemarin malam. Mas Naniel di IGD RS Pamulang,” kata Bens.

Bens mengatakan sebelum meninggal, sekitar enam tahun Naniel sakit. Ia menderita penyakit komplikasi, ia menderita lumpuh dan hidup cukup mengenaskan. Lebih dari satu tahun Naniel Yakin menggunakan kursi roda. Naniel memang sempat jatuh dan menyebabkan patah kaki.

“Lebih dari satu tahun belakangan ini sudah di kursi roda terus,” imbuh Bens.

Bens mengatakan, jenazah Naniel Yakin akan disemayamkan di rumah duka pada pukul 14.00 WIB. Lokasi rumah duka di Pondok Pucung Indah, Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Naniel Yakin adalah pencipta lagu “Bento”, sebuah lagu fenomenal yang dinyanyikan Iwan Fals. Lagu tersebut masih populer hingga kini dan kerap dinyanyikan sejumlah musisi di atas panggung.

Namun, kehidupan musisi dan mantan wartawan Suara Pembaruan ini tak semewah lagu “Bento” ciptaannya, ia justru hidup pas-pasan, dan bisa dibilang cukup mengenaskan. Parahnya, ketika Naniel Yakin mengalami patah kaki sehingga menghambat aktivitasnya. Lelaki yang mahir bermain flute ini pun hanya tegolek lemah di rumahnya.

Kondisi Naniel Yakin rupanya menggugah perasaan seorang Deddy Corbuzier. Bersama sebuah organisasi wartawan, presenter “Hitam Putih” itu pun sempat menjenguk Naniel Yakin dan memberikan sumbangan pada 2016.

Kemudian pada Februari 2017, seorang tokoh nasional Prof Abdul Hadi MW menjenguk Naniel Yakin di rumahnya. Kepada wartawan, Prof Abdul Hadi mengaku sangat prihatin atas kondisi Naniel. “Sebetulnya bukan hanya sakitnya yang membuat kami prihatin. Rumah yang dihuni pun hanya gubuk kecil yang jauh dari layak. Komunitas musik dan seni harusnya ada yang terpanggil untuk membantunya,” ujar Prof Hadi.

Kondisi Naniel Yakin ini telah memberikan sedikit gambaran, bahwa banyak musisi yang berpengaruh dan memiliki karya luar biasa, namun kurang dihargai.

Sumber : IndekNews

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...