Pengenalan UTBK Masuk Perguruan Tinggi, MAN 2 Bersama Ruang Guru Mengelar TO

Pengenalan UTBK Masuk Perguruan Tinggi, MAN 2 Bersama Ruang Guru Mengelar TO
Bukittinggi, SuhaNews – Sejak tahun 2019 yang lalu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ini merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama dalam mengikuti Seleksi Bersama Masuk PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri. Kelompok ujian pada UTBK dibagi 3 yaitu:Kelompok Saintek (Sains dan Teknologi), Soshum (Sosial dan Humaniora), dan Campuran (Saintek dan Soshum).

Karena model soal UTBK yang belum familiar bagi siswa kelas XII tahun ajaran 2021- 2022, MAN 2 Bukittinggi Sabtu (30/10) mengadakan Try Out UTBK dengan Ruang Guru. Kegiatan ini di fasilitasi Ruang Guru yang mengadakan TO Akbar untuk wilayah Sumatra Barat.

Sebelum kegiatan ini diadakan Ruang guru telah mengadakan Technical Meeting dengan semua sekolah tingkat SLTA se- Sumbar yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar yaitu Audy Joinaldy dan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri.

Plt MAN 2 Bukittinggi Deswita kepada Humas menyampaikan terimakasih kepada pihak Ruang Guru yang telah memfasilitasi siswa MAN 2 Bukittinggi untuk TO UTBK tahun 2021.

“Kita menyadari pandemi memberi pengaruh besar kepada semangat belajar siswa, terutama siswa kelas XII yang memang harus lebih giat lagi karena sebentar lagi mereka akan masuk Perguruan Tinggi. Selama ini mereka belum terbiasa melihat soal- soal UTBK,” katanya.

“Semoga dengan hasil TO UTBK kali ini menjadi refleksi bagi siswa agar lebih giat lagi belajar dan membahas soal- soal UTBK. Apalagi dalam kurikulum 2013 siswa bukan lagi jadi objek namun juga subjek pembelajaran. Siswa harus mempunyai kecerdasan literasi, tidak hanya sekedar membaca namun juga literasi digital”, katanya lagi.

BACA JUGA  Dinas PUPR Kab. Solok Tinjau Pendangkalan Batang Lembang

“Kita melihat 319 siswa yang hadir terdiri dari 3 jurusan yaitu IPA,IPS dan IPK sangat antusias mengikuti kegiatantersebut.  TO UTBK hari ini sangat bagus sekali karena aplikasi ruang guru yang sangat simpel juga mempermudah siswa dalam mengikuti TO tersebut. Kendala selama ujian juga tidak banyak, kadang hanya jaringan provider yang ada pada kartu yang siswa pakai, namun kendala teknis bisa cepat diatasi. Semoga kedepannya MAN 2 bisa ikut TO UTBK yang diadakan Ruang Guru dan pihak lainnya, agar siswa kami semakin terlatih dengan soal- soal masuk Perguruan Tinggi’’. Ujar kepala madrasah yang kreatif ini.Yuli/Yal | Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaWawako Solok Hadiri Gebyar 5000 Vaksin di GOR Tanjung Paku
Artikel berikutnyaBatele Plus dari Solok Masuk Finalis Youtube NextUp Indonesia Tahun 2021