Pengurus Bundo Kanduang Kecamatan Payung Sekaki Dikukuhkan

Supayang, SuhaNews  – Ketua Pembina Bundo Kanduang Kabupaten Solok Bundo Hj. Emiko Epyardi Asda mengukuhkan Bundo Kanduang Kecamatan Payung Sekaki, Sabtu, 20 Juli 2024 di  Kantor KAN Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki.

Pengukuhan ini dihadiri oleh Kepala OPD, Camat Payung Sekaki Alkamra Adlis, SH. MM., Wali Nagari Supayang Dharmansyah, Wali Nagari Sirukam Romi Febriandi, Forkopincam Payung Sekaki, Niniek Mamak, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan Pemuda.

Baca juga: Forum Komunikasi Bundo Kanduang Kecamatan X Koto Diatas Dikukuhkan

Wali Nagari Supayang Dharmansyah mengatakan bahwa pengukuhan Bundo Kanduang Kecamatan Payung Sekaki ini sudah lama dipersiapkan karena bundo kanduang di Kecamatan Payung Sekaki berperan penting di nagari masing-masing disebabkan semua kegiatan nagari melibatkan unsur bundo kanduang.

Kepengurusan Bundo Kanduang Kecamatan Payung Sekaki masa bakti 2024-2029 yang dikukuhkan terdiri atas Ketua Rina Oktafia, Wakil Ketua I  Jasmarni, Wakil Ketua II Gusneti, Wakil Ketua III Helmalida, Sekretaris  Nova Yenti, Wakil Sekretaris  Gusri Yanti dan Bendahara Elfira Roza.

Ketua Bundo Kanduang Kecamatan Payung Sekaki Rina Oktafia berharap setelah dilantik, Bundo Kanduang bisa bekerja dan menjalankan tugas dengan baik dan maksimal.

Ketua Pembina Bundo Kanduang Kabupaten Solok Bundo Hj. Emiko Epyardi Asda berharap Bundo Kanduang Kecamatan Payung Sekaki yang telah dikukuhkan bisa menjalankan tugas dengan baik dan maksimal.

“Seluruh bundo kanduang Kec Payung Sekaki agar bisa berkomunikasi dengan baik dengan Bundo Kanduang Nagari,” harap Hj. Emiko Epyardi Asda.

Peranan Bundo Kanduang, tambah Hj. Emiko Epyardi Asda, sangatlah penting. Bundo Kanduanglah yang menentukan maju mundurnya nagari ini.

Pengurus Bundo Kanduang Kecamatan Payung Sekaki Dikukuhkan 1
Ketua Pembina Bundo Kanduang kabupaten Solok perhatikan lansia

“Bundo Kanduang sangat berperan menjaga kehidupan maupun harta pusako. Peranan Bundo Kanduang bukan hanya soal adat dan budaya saja, juga meningkatkan perekonomian masyarakat.,” jelas Hj. Emiko Epyardi Asda.

BACA JUGA  Murid SDN 06 Sirukam Sambut Antusias Kehadiran PAI Payung Sekaki

Karena itu, Hj. Emiko Epyardi Asda, berharap harus ada sumbangan pemikiran dari Bundo Kanduang demi masa depan anak cucu karena Bundo Kanduang memiliki tiga makna yaitu perempuan yang dituakan di dalam suatu kaum, ibu dari seorang Anak dan Bundo Kanduang sebagai sebuah organisasi.

“Bundo kanduang sebagai organisasi mempunyai fungsi melestarikan adat. Apalagi saat ini krisis budaya telah mulai mengikis kelestarian adat budaya yang merusak generasi muda Minangkabau,” tambah Hj. Emiko Epyardi Asda. Wewe

Baca juga: Pengurus Bundo Kanduang Sijunjung Periode 2023–2027 Dikukuhkan

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -