Persiapan 2024, Kemenag Kab. Solok Layani Pengurusan Administasi Jemaah Haji

Koto Baru, SuhNews – Kantor Kemenag Kabupaten Solok mulai mempersiapkan keberangkan jemaah haji tahun 2024 M / 1445 H. Diantaranya memfasilitasi pembuatan pasport dan visa biometrik.

“Sebelumnya kita juga memfasilitasi kehadiran petugas Kantor Imigrasi Padang melakukan rekam data pembuatan pasport bagi jemaah,” ujar kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok.

Persiapan 2024, Kemenag Kab. Solok Layani Pengurusan Administasi Jemaah Haji 1

Kakan kemenag menjelaskan bahwa untuk penyelenggaraan Haji tahun 2024 M / 1445 H ini, Kementerian Agama melakukan persiapan lebih dini sekaligus penyempurnaan dari evaluasi pelaksanaan tahun 2023 ini.

“Menteri Agama secara intens berkomunikasi dengan Menteri Haji Arab Saudi terkait pelayanan pada jemaah haji Indonesia mulai dari fasilitas sampai kuota,” ulas Kakan Kemenag.

Sementara itu, jemaah yang masuk dalam estimasi keberangkatan tahun 2024 diajak untuk memulai persiapan administrasi. Diantaranya pengurusan pasport dilanjutkan dengan visa biometrik, agar nanti tidak terburu-buru.

“Untuk pelunasan, sesuai jadwal yang dirilis mulai tanggal 9 Januari 2024 mendatang. Namun demikian jemaah dapat mencicilnya menjelang waktu tersebut dengan menyetorkan ke rekening saat pengembilan porsi dulu,” tukuk H. Zulkifli.

Disampaikan juga, untuk tahun ini Lansia tetap menjadi prioritas Kementerian Agama untuk kuota tambahan serta aturan bermahram sedang disiapkan yang tujuannya jemaah Lansia memiliki pendamping saat melaksanakan ibadah haji nantinya.

Persiapan 2024, Kemenag Kab. Solok Layani Pengurusan Administasi Jemaah Haji 2

“Selain pasport, Menteri kesehatan juga seudah mengeluarkan peraturan nomor HK.01.07/MENKES/2118/2023 tentang standar teknis pemeriksaan kesehatan dalam rangka penetapan status istitaah kesehatan jemaah haji. Untuk ini kita akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan lembaga terkait lainnya,” tambah Kakan kemenag.

Kakan kemenag juga menghimbau jemaah yang masuk estimasi tahun 2024 selain mengurus administrasi juga mempersiapkan pengetahuan ibadah dengan memperbanayka manasik, sebagaimana program Kementerian Agama manasik sepanjang tahun. Fendi

Berita terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Pemko Solok Selesaikan Penyusunan Roadmap Inovasi Tahun 2021
- Advertisement -
- Advertisement -