Pj.Bupati Mentawai Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah

Mentawai, SuhaNews- Pj.Bupati Kepulauan Mentawai Fernando J Simanjuntak ikuti rakor pengendalian inflasi di daerah dengan kementerian dalam negeri secara virtual senin pukul 08.00 (12/06) di ruangan rapat kantor Bupati.

Dalam arahannya Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian menyampaikan berita terkait perkembangan ekonomi di beberapa negara dunia.

Baca juga: Pemkab Solok Ikuti Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Barat melakukan lima langkah dalam upaya pengendalian inflasi sepanjang mei 2023 yaitu melakukan pemantauan harga dan pasokan oleh satgas pangan, penguatan koordinasi TPID, Operasi pasar atau pasar murah, Sosialisasi terkait belanja bijak dan melakukan optimalisasi peran bulog.

Pada kesempatan ini juga di sampaikan perkembangan inflasi global, inflasi Indonesia peringkat 134 dari 184 negara dunia.
di tingkat negara G20 indonesia peringkat 16 dari 24 negara, dan peringkat 6 dari 11 negara ASEAN.

Untuk Nasional 77 Kota mengalami inflasi dan 13 kota mengalami deflasi, harga pangan yang mengalami yang mengalami kenaikan daging ayam ras di 21 provinsi, telur ayam ras di 17 Provinsi, cabai merah di 12 Provinsi.

Pj. Bupati pada kesempatan ini juga menyampaikan kepada tim TPID hal-hal yang perlu di lakukan Pemda Mentawai dalam penangan inflasi antara lain memperhatikan komoditi yang mengalami kenaikan, memperkuat kerjasama antar daerah untuk melakukan pemenuhan komoditas dari daerah yang surplus dengan daerah yang kekurangan, turun langsung ke pasar mencek harga – harga, pastikan ketercukupan pasokan pangan, dan pantau terus komoditas pangan dan lakukan intervensi pengendalian. (YY)

Baca juga: Pemkab Solok Ikuti Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah

Facebook Comments

BACA JUGA  Gubernur Mahyeldi Optimis Fly Over Sitinjau Mulai 2023
- Advertisement -
- Advertisement -