Pojok Literasi, Ruang Untuk Karya Tulis Jajaran Kemenag Sumbar

Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri didampingi pejabat lainnya bersama Ketua KPPL Sumbar usai pengukuhan

Padang, SuhaNews. Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Hendri, S.Ag, M.Pd memberi apresiasi khusus pada guru madrasah yang telah melahirkan ratusan karya berbagai judul buku. Hal ini diungkapkan pada pengukuhan Komunitas Penulis Pegiat Literasi (KPPL) Sumatera Barat di aula Amal Bhakti Kanwil Kemenag Sumbar Selasa (10/12).

Selain membentuk komunitas untuk Komunitas Penulis Pegiat Literasi (KPPL)  dilingkup Kemenag Sumbar, Kanwil Kemenag Sumbar juga memberi ruang dengan menyediakan Pojok Literasi di salah satu ruang komplek Kanwil Kemenag Sumbar.
Di Pojok Literasi ini terpajang karya para guru madrasah dan ASN Kanwil Kemenag Sumbar yang aktif menulis. Beragam buku terpajang diruangan ini, selain karya guru-guru madrasah se Sumbar juga buku karya ASN Kemenag.
 
Jenis dan judulnya pun bervariasi mulai dari karya fiksi, pelajaran sampai buku agama secara umum yang mengupas berbagai hal. Buku-buku tersebut dipajang diruang yang didesign nyaman bagi pengunjung. Selain untuk melihat karya dari jajaran Kemenag Sumbar, ruangan ini juga bisa dipakai untuk diskusi dan saling berbagi ilmu dan informasi oleh para penulis.
Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri
 
H. Hendri mengatakan ini merupakan tindak lanjut atas nagurahyang diterimanya anugrah Tokoh Penggerak Literasi Nasional yang diserahkan oleh Founder & CEO MediaGuru Mohammad Ihsan beberapa waktu yang lalu.
 
Hal lain yang menginspirasinya adalah pemahaman paling umum dari literasi adalah seperangkat keterampilan nyata khususnya keterampilan kognitif membaca dan menulis yang terlepas dari konteks dimana keterampilan itu diperoleh dan dari siapa memperolehnya. Kemampuan literasi dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas individu, keluarga dan masyarakat.
 

Kemampuan literasi bisa memberantas kemiskinan, mengurangi angka kematian anak, pertumbuhan penduduk dan menjamin pembangunan berkelanjutan serta terwujudnya perdamaian. Selain itu, kemajuan suatu negara secara langsung tergantung pada tingkat melek huruf di negara tersebut.

Dasar-dasar pemikiran tersebut yang mendorong Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri memberikan support penuh kepada para pegiat literasi yang ada di wilayah kerjanya
 

Berbagai upaya telah dilakukan H. Hendri agar literasi menggeliat di Ranah Minang. Mulai dari menghimbau Kepala Madrasah untuk terus memotivasi guru-guru madrasah secara langsung menjadi penulis, membentuk Komunitas Penulis Pegiat Literasi (KPPL) di seluruh Kab/Kota, menggerakkan para guru menjadi aktivis/pegiat literasi, menggelar pelatihan menulis bagi Kepala Madrasah dan guru serta pengawas yang bekerjasama dengan Media Guru Indonesia dan memberikan penghargaan kepada pihak-pihak terkait pengembang gerakkan ini.

Setelah Kanwil mengukuhkan pengurus KPPL tingkat Sumbar, H. Hendri berharap kabupaten / kota segera mengikutinya. Begitu juga dengan Pojok Literasi ini.
“Bila perlu ditingkat madrasah juga dibentuk komunitas penulis yang melibatkan siswa dan memberdayakan Pustaka sebagai salah satu penunjang literasi. Agar sejak dini siswa terbiasa dengan literasi,” harap Hendri.

reporter : VN  editor : Moentjak

Berita terkait dapat diakses di Website Kemenag Sumbar

 

Facebook Comments

loading...