Positif Corona, Menhub Budi Karya Dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

hub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif corona

SuhaNews – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Saat ini Menhub dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

“Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga,” kata Mensesneg Pratikno di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020).

Sebelumnya, Budi Karya dikabarkan mengalami sakit tifus. Budi mengalami tifus setelah melakukan rangkaian kunjungan kerja.

“Saat ini Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi sedang beristirahat di rumah karena gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Parepare, Kertajati, dan Indramayu,” ujar juru bicara Menhub, Adita Irawati, lewat pesan singkat, Selasa (10/3).

Adita mengkonfirmasi Budi mengalami tifus berdasarkan hasil lab. Adita memastikan Budi tetap melaksanakan tugas sebagai menteri dari rumah.

Budi diketahui berada di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar, pada Minggu (1/3). BIJB merupakan tempat evakuasi 69 WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess.

 

Menurut Pratikno, Budi Karya, sebagaimana dilansir cnbcIndonesia.com,  dalam kondisi stabil dan terus membaik dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto.  Meski demikian dia tidak menyampaikan bagaimana Menhub bisa terjangkit virus corona

Pemerintah telah mengumumkan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif terjangkit virus corona.

Budi Karya menjadi pasien dengan nomor 76 yang telah diumumkan tanpa nama sejak Jumat (13/3/2020) kemarin. Namun pengumuman resmi baru dilakukan Sabtu (14/3/2020) malam.

Wakil Kepala RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto Brigjend TNI dr. A. Budi Sulistya awalnya Budi Karya dirawat dengan penyakit penyerta di sebuah RS swasta.

“Kemudian sesuai dengan perkembangannya timbul sesak napas,” ujar Budi dalam konferensi pers, Sabtu (14/3/2020).

Selanjutnya, tutur Budi, dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta dilakukan pemasangan alat medik supaya kondisi beliau tertangani dengan baik.

Budi Karya Sumadi

“Saat ini beliau (Budi Karya Sumadi) kita rawat di RSPAD dan tadi sore, tim yang merawat menyatakan ada perbaikan kondisi beliau,” ujar Budi.

Namun, dia tidak menjelaskan kemungkinan lokasi penularan virus tersebut kepada Menteri Perhubungan. “Beliau adalah salah satu pejabat yang memang banyak melakukan  kunjungan, termasuk mengunjungi beberapa tempat vital untuk alat masuk ke Indonesia,” ujar Budi.

Pemerintah Indonesia atas seizin keluarga telah mengumumkan bahwa Budi Karya Sumadi positif terjangkit virus corona.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai Menhub Ad Interim.

“Tugas Kemenhub berat saat ini, dan Bapak Presiden mengangkat Menko Maritim dan Investasi sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim,” ujar Pratikno.

Sumber: detik.com

Baca JUga:

Facebook Comments

loading...