PPIH Bersama Karu Karom Fasilitasi Lansia Kloter 14 Lakasanakan Umrah

Makkah, SuhaNews – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter 14 Embarkasi Padang yang terdiri dari ketua Kloter Bustami, S.Ag, Pembimbing Ibadah H. Dedi Wandra bersama Karu dan Karom memfasilitasi jemaah lansia melaksanakan ibadah Umrah, Senin (19/6).

PPIH Bersama Karu Karom Fasilitasi Lansia Kloter 14 Lakasanakan Umrah 1

“Untuk jemaah lansia sengaj kita sarankan hari ini melaksanakan umrahnya agar dapat dibantu oleh Karu dan Karom dalam menjalankan semua rukun dengan bantuan kursi roda,” ujar Bustami Ketua Kloter 14 Embarkasi Padang

Bustami menjelaskan untuk jemaah lansia disarankan memakai kursi roda saat tawaf dan sa’i dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di Masjidil Haram. Hal ini dilakukan karena padatnya jemaah dari berbagai belahan dunia yang melaksanakan ibadah di Baitullah.

“Kursi roda sudah disediakan oleh pengelola Masjidil Haram, jemaah tinggal menyewa, untuk kemudahan, para Karu dan Karom serta PPIH dan jemaah lain siap mendampingi dan memberikan bantuan pada jemaah lansia,” ulas Bustami.

Sementara itu Pembimbing Ibadah H. Dedi Wandra mengajak para Karu dan Karom untuk membantu dan mendampingi jemaah lansia ini hingga selesai melaksanakan tahalul yang menjadi salah satu rukun Umrah.

“Setelah melaksanakan umrah wajib ini, kepada jemaah lansia kita minta untuk menjaga fisik menjelang berangkat ke Armuzna pada 8 Zulhijah nanti. Kita tidak ingin fisik jemaah drop saat mengikuti puncak ibadah haji di Arafah hingga Mina,” terang Dedi.

Terkait kondisi kesehatan jemaah, Ketua Kloter 14 Embarkasi Padang mengatakan secara umum kondisi jemaah baik tidak ada yang menjalani perawatan medis. Baik di klinik Daker maupun rumah sakit. Ada beberapa jemaah yang mengalmi gangguan kesehatan lebih disebabkan perubahan suhu di Indonesia dan Arab Saudi yang lebih panas.

“Paramedis yang ada di Kloter sudah menangani termasuk dengan berkoordinasi petugas kesehatan yang ada di Maktab dan Daker, Alhamdulillah keluhan jemaah sudah ditangani dan jemaah terutama lansia bisa menjalani ibadah dengan baik,” pungkas Bustami. Mansur | Dodi

BACA JUGA  KPU Berikan Nomor Urut Kandidat Calon Walikota Solok, Kapolres Serahkan Maklumat Kapolri

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -