Premier League: Sama Menang, Man City Juara, Arsenal Gagal Lagi

SuhaNews – Ambisa Arsenal untuk merebut juara Premier League musim 2023/2024 kandas, usai Manchester City memetik kemenangan 3-1 atas West Ham dalam laga pekan ke-38 yang digelar di Etihad Stadium, Minggu (19/5/2024) malam WIB.

Sekalipun pada saat bersamaan Arsenal sukses mengalahkan Everton 2-1, namun hasil ini tidak mampu menggeser posisi Man City. Skuad Pep Guardiola ini tetap unggul 2 poin (91) dari Skuat Mikel Arteta (89). Juara Liga Inggris harus ditentukan hingga pekan terakhir.

Baca juga: Premier League: Jamu Arsenal, Mampukah Manchester City Rebut Puncak Klasemen

Phil Foden menjadi pahlawan kemenangan Man City dengan memborong dua gol dan satu assist untuk gol Rodri. West Ham sempat memperkecil ketinggalan berkat gol salto Mohammed Kudus.

Premier League: Sama Menang, Man City Juara, Arsenal Gagal Lagi 1
phil-foden, pahlawan kemenangan Man City

Berkat hasil ini, Man City sukses mengakhiri musim dengan duduk di singgasana juara berkat perolehan poin 91. City unggul dua angka dari Arsenal, sekaligus Man City mencatatkan sejarah baru di Liga Inggris dengan raihan gelar juara empat kali beruntun. Raihan ini mengalahkan Manchester United yang merupakan tim terbanyak meraih gelar juara Premier League.

Persaingan Manchester City dan Arsenal

Sebelum laga, City masih harus bersaing dengan Arsenal. City memuncaki klasemen dengan keunggulan dua poin dari Arsenal. Jika gagal menang dan Arsenal mengandaskan Everton, maka City gagal menjadi kampiun.

Namun, City mampu tampil superior di kandang sendiri dan unggul dua gol lewat aksi brilian Foden serta satu gol persembahan Rodri. Gol akrobatik dari Mohammed Kudus sempat membuat West Ham memperkecil ketinggalan.

City mampu mempertahankan keunggulan di babak kedua dan mereka pun resmi keluar sebagai juara dengan poin 91, unggul dua angka dari Arsenal yang di saat bersamaan mengandaskan Everton 2-1.

BACA JUGA  Kendalikan Inflasi, Pemkab Solok Ikuti Rapat Koordinasi Bersama Kemdagri

Gelar ini pun semakin mempertegas dominasi Man City di Premier League. Pasukan Pep Guardiola sukses menjadi juara untuk kali keempat secara beruntun.

Gangguan ketat dari Liverpool di dua musim awal serta Arsenal di dua musim belakangan masih belum sanggup untuk menghentikan City mengukir sejarah luar biasa mereka.

Secara keseluruhan, ini merupakan gelar juara liga yang ke-10 sepanjang sejarah Man City, atau yang kedelapan dalam 12 tahun terakhir.

Berkat kesuksesan ini, Man City pun mengukir rekor dengan menjadi tim pertama sepanjang sejarah yang sukses menjadi juara dalam empat musim beruntun di kasta tertinggi Liga Inggris, baik ketika masih bernama Divisi Utama maupun Premier League.

Di era Premier League yang digelar mulai 1992 sendiri, Manchester United yang notabene tetangga Man City masih menjadi tim paling sukses dengan raihan 13 gelar juara.

MU pun sempat mendominasi sepak bola Inggris. Namun, paling banter Setan Merah hanya sanggup mencatat juara dalam tiga musim beruntun sebanyak dua kali.

Masterclass Pep Guardiola

Premier League: Sama Menang, Man City Juara, Arsenal Gagal Lagi 2
josep-guardiola

Pep Guardiola pun tercatat menjadi pelatih pertama dalam sejarah yang mampu menjuarai Premier League empat musim secara beruntun. Sebuah rekor yang sungguh fantastis.

Hebatnya lagi, Guardiola tercatat enam kali membawa Man City juara Premier League hanya dalam delapan musim ia tercatat menukangi City hingga saat ini.

Dua tim yang berhasil mematahkan dominasi City asuhan Guardiola dalam delapan musim terakhir adalah Chelsea di musim 2016/2017 dan Liverpool musim 2019/2020.

Baca juga: Liga Champions: Real Madrid Kubur Impian Manchester City di Etihad Stadium

Sumber: bola.net

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -