Rang Solok Baralek Gadang Akan Dimeriahkan Sanggar Darak Badarak

Solok, SuhaNews  – Komisi III DPRD Kota Solok memantau persiapan Event Rang Solok Baralek Gadang, Kamis (14/9) di hamparan Sawah Solok. 

Pemantauan ini dipimpin oleh Ketua Komisi III, Yoserizal, didampingi oleh Wakil Ketua, Wazadly, Sekretaris, Hj. Rika Hanom dan anggota Andi Eka Putra, didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Milda Murniati.

Baca juga: Rang Paninggahan Baralek Gadang Dihadiri Bupati Solok dan Anggota DPR RI

“Berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Pariwisata persiapan Rang Solok Baralek Gadang, yang akan digelar pada 16–18 September 2023, sudah mencapai 85%,” Ketua Komisi III, Yoserizal.

Insya Allah semuanya bisa rampung sebagaimana yang telah  terjadwalkan. Walaupun demikian Komisi III mengimbau kepada Dinas Pariwisata dan OPD yang terlibat betul-betul mematangkan persiapan hingga esok hari.

Panggung utama, jelas Yoserizal, sudah hampir rampung.  Stand untuk UMKM pun sudah mulai terpasang.

“OPD terkait hendaknya menyediakan tempat untuk promosi ikonnya Kota Solok seperti Bareh Solok, Kopi Payo, Bunga Krisan dan lain sebagainya, sehingga para tamu yang berkunjung ke Event Rang Solok Baralek Gadang bisa membawa oleh-oleh sebagai cinderamata dari Kota Solok,” harap Yoserizal.

“Kami mengingatkan kepada pengelola parkir jangan sampai memungut parkir melebihi standar yang telah ada, seperti kendaraan roda dua sebesar Rp2 Ribu dan untuk roda empat Rp5 ribu. Jika terjadi pemungutan melebihi aturan, tentu akan berdampak buruk terhadap nama baik daerah kita,” tambah Yoserizal.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Milda Murniati, mengungkapkan jika pihaknya masih memacu persiapan untuk pelaksanaan event Rang Solok Baralek Gadang.

insya Allah satu hari lagi kami pastikan semuanya sudah siap sesuai jadwal,” sebut Kadis yang juga pernah menjabat Ketua Bundo Kanduang Kota Solok.

BACA JUGA  Manfaatkan Lahan Kosong, Bupati Rusma Ajak Tanam Jagung

Lebih lanjut, Bundo Milda menjelaskan, Rang Solok Baralek Gadang ini akan diawali dengan pawai budaya pada 16 September 2023 mulai pukul 08.00 WIB, selanjutnya rombongan akan berkumpul di hamparan Sawah Solok untuk mengikuti prosesi pembukaan event yang direncanakan akan dibuka oleh Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, selain itu acara juga akan dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Barat.

“Setelah pembukaan seluruh pengunjung akan dijamu dengan makan baronjin serta pasambahan yang akan ditampilkan oleh panggung pidato adat Kota Solok dan siang harinya kegiatan akan diisi dengan berbagai penampilan tari dari pelajar sekolah dasar yang ada di Kota Solok,” papar Milda.

Bundo Milda juga menyampaikan, selain diisi dengan berbagai acara budaya seperti pertunjukan kesenian atraksi silek dalam sawah atau lebih dikenal dengan Basilumuh, Festival Alang-alang, lomba mesin bajak atau Basikakeh Roda Basi, Pacu Upiah dan permainan rakyat lainnya, RSBG 2023 juga akan diramaikan oleh Bazar kuliner, instalasi jerami karnaval bunga, pameran ikan hias, pameran tanaman hias, lomba merangkai bunga, lomba Aquascape, dan lomba photography.

Pada 16 September 2023 atau malam minggu ini, jelas Milda, akan ada penampilan guest star Sanggar Darak Badarak, grup kesenian tradisional asal Kota Pariaman yang sukses meraih juara dua pada ajang Indonesia’s Got Talent (IGT) Tahun 2023. Inp/We

Baca juga: Rang Solok Baralek Gadang Dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -