Rang Solok Baralek Gadang, Wawako Solok Ikuti Permainan Anak Nagari

Solok, SuhaNews – Dalam rangkaian acara Rang Solok Baralek Gadang, Wakil Wali Kota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra ikuti prosesi turun kasawah dan mengikuti permainan anak nagari Silek, Batuang Gilo dan urang-urang sawah. Minggu (17/09/2023)

Acara ini juga dihadiri Ketua LKAAM Kota Solok H. Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Sitta Novembra, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Milda Murniati, Camat Lubuk Sikarah dan Tanjung Harapan serta Lurah se-kota Solok.

Baca juga:  Rang Solok Baralek Gadang Akan Dimeriahkan Sanggar Darak Badarak

Kegiatan diawali dengan arak-arakan dari sasaran silek tuo Sinpia Sinapa Piliang, yang berjalan menuju hamparan Sawah Solok tempat berlansungnya Event Rang Solok Baralek Gadang.

“Kegiatan ini merupakan salah satu kekayaan tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Kota Solok yang harus terus digali dan dilestarikan,” ujar Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli.

Kegiatan anak nagari seperti ini, jelas Rusli, harus didukung penuh. Jangan sampai tradisi permainan anak nagari yang telah kita miliki ini sampai punah dan tergerus oleh perkembangan zaman.

Wawako Ramadhani Kirana Putra mengapresiasi masyarakat Kelurahan Sinapa Piliang khususnya Sasaran Silek Sinpia yang telah menginisiasi kegiatan ini.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Festival Rang Solok Baralek Gadang,” ujar Ramadhani Kirana Putra.

Rang Solok Baralek Gadang, Wawako Solok Ikuti Permainan Anak Nagari 1Festival Rang Solok Baralek Gadang, jelas Wawako, merupakan salah satu event nasional yang kegiatannya adalah Silek Basilumuh, Batuang Gilo serta atraksi lainnya yang dilaksanakan di hamparan Sawah Solok.

“Dharapkan event ini tidak hanya dihadiri oleh wisatawan di Sumatera Barat, juga dihadiri seluruh daerah di Indonesia bahkan sampai mancanegara,” harap wawako.

Pada acara ini, Wawako juga ikut memainkan Talempong Pacik yang merupakan salah satu alat musik tradisional yang ada dalam atraksi ini. Wewe

BACA JUGA  Wawako Hadiri Pisah Sambut Kakan Kemeng Kota Solok

Baca juga: Wako Sawahlunto Deri Asta: ‘Baralek Surau’ Pererat Silahturrahmi

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -