Rembuk Daerah KPU Pasaman : Bersama Sukseskan Pemilu 2024

Pasaman, SuhaNews – Rembuk Daerah dibentang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman di lantai III Kantor Bupati Pasaman, (19/12) kemarin.

Ketua KPU Pasaman Rodi Adermi menyampaikan sasaran utama helatan yang dibuka resmi Wakil Bupati Pasaman Sabar AS tersebut terntunya sebagai kegiatan untuk menunjang suksesnya Pemilu Tahun 2024.

“Sebagaimana tema “Partisipasi dan Pendidikan Pemilih dalam Pemilu Serentak Tahun 2024”, tuangnya.

Ia mengatakan, output kegiatan KPU Rembuk Daerah ini memudahkan menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Pasaman. Maka peserta yang hadir diamini menjadi media dan perpanjangan informasi terkait tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024.

Lebih lanjut Rodi Adermi mengatakan, sosialisasi Pemilu dapat dilaksanakan melalui media massa, media online dan bertatap muka secara langsung. Tetapi, media yang dirasa paling efektif dalam penyampaian informasi adalah melalui tatap muka langsung, karena akan terwujudnya pemahaman yang sama.

Rodi Adermi menginformasikan bahwa tahapan penyelenggaraan Pemilu selanjutnya yang akan dilaksanakan adalah tahap pencalonan anggota DPD dimana pendaftaran di KPU Provinsi masing-masing. Provinsi kemudian untuk memverifikasi secara administrasi dan faktual dukungan.

Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS mengatakan masyarakat dan pemangku kepentingan semakin kritis dan memahami keberadaan Pemilu sebagai wahana untuk mengubah harapan menjadi kehidupan berdemokrasi yang lebih baik, tentunya melalui Pemilu yang bermutu.

“Baik kualitas dalam pelaksanaan maupun kualitas yang dihasilkan dalam pemilu itu sendiri,” tukas Sabar.

Pejabat bertitel sarajana agama itu juga menyampaikan, bersama mempunyai tanggung jawab untuk mengawal terselenggaranya pemilu secara langsung, umum, bebas, jujur, adil, aman, tertib dan bertanggung jawab sesuai tahapan.

Meski Wabup memandang Pemilu kedepan bukannya semakin mudah, melainkan semakin kompleks seiring dengan meningkatnya pengetahuan, perhatian dan partisipasi masyarakat.

BACA JUGA  Manasik Haji Sepanjang Tahun di Pasaman, Kakan Kemenag Berikan Bimbingan

Sekretaris KPU Pasaman Yuliardi turut menginformasikan Rembuk Daerah dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pasaman, Bawaslu Kabupaten Pasaman, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Kabupaten Pasaman, Camat dan Wali Nagari se-Kabupaten Pasaman, Kepala Instansi Vertikal/Stakeholder Kabupaten Pasaman, Partai Politik tingkat Kabupaten Pasaman, Perguruan TInggi di Kabupaten Pasaman, serta Ormas/Media Massa/Media Cetak.

Dan Pemateri adalah AKP Bundi Hendra dari Polres Pasaman, Fitri Zulfahmi, SH, MH dari Kejaksaan Negeri Pasaman, DR. Reno Fernandes, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Negeri Padang dan Heru Permana, S.IP., M.IP. dari IAIN Bukittinggi. Yusuf

Berita Terkait :

 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -