Sanggar Carano Pusako Tanjung Balik Ikut Festival Kesenian Menyonsong Alek Gadang Kab. Solok

Sanggar Carano Pusako Tanjung Balik

Tanjung Balik,Suhanews—Sanggar Carano Pusako, satu-satunya sanggar kebanggaan masyarakat nagari Tanjung Balik, ikut ambil bagian dalam kegiatan Festival Kesenian Menyongsong Alek Gadang, yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Kabupaten Solok, pimpinan Mak Itam, artis kondang dari Ranah Minang, Selasa (25/12) di lapangan UMMY Koto Baru Solok.

Performance berupa tarian massal yang menampilkan 4 macam variasi, diawali dengan penari yang membawa marawa, disusul dengan penari yang membawa dulang, dilanjutkan lagi dengan para penari selendang cilik dan diakhiri dengan tari piring hingga menginjak pecahan kaca, yang sangat memukau perhatian para penonton.

Pimpinan Sanggar Carano Pusako, Andri Anita mengatakan bangga dengan penampilan anak asuhnya, karena memang telah dipersiapkan dengan semaksimal mungkin. Dengan latihan satu kali seminggu, setiap hari Minggunya, anak-anak asuhnya telah mampu berkiprah di kecamatan bahkan sampai tingkat kabupaten.

Sanggar Carano Pusako yang berdiri sejak tahun 2015 ini, telah memiliki anak asuh lebih kurang 100 orang, yang berasal dari anak-anak nagari Tanjung Balik, mulai dari tingkat PAUD sampai SLTA. Dibawah pimpinan Andri Anita dan Ika Wardiyati (Guru MTsN 7 Solok). Anak-anak didik sanggar ini telah banyak mengisi kegiatan-kegiatan hiburan, baik di tingkat nagari Tanjung Balik, kecamatan bahkan sampai ke tingkat kabupaten.

reporter : Yen editor : Moentjak

Facebook Comments

loading...