Sariak Laweh Gelar “Bakaua” Cegah Covid-19

Solok, SuhaNews. Berada di sudut Kabupaten Solok, masyarakat jorong Sariak Laweh nagari Sumiso kecamatan Tigo Lurah juga khawatir akan Pandemi Covid-19. Untuk mereka menggelar acara adat “Bakaua” pada Jumat (17/4).

Acara ini diikuti oleh Ninik Mamak, pemuka masyarakat dan pemuda jorong Sarik Laweh. Para tokoh tersebut sudah menyiapkan acara ini sejak dua hari sebelumnya. Tujuannya agar masyarakat terhindar dari pandemi covid-19 ini.

“Satu ekor Kambing disembilih sebagai salah satu syarat dalam acara “bakaua” ini. Semoga ini menjadi pintak balaku kandak buliah, seluruh masyarakat terhidar dari pandemi Covid-19,” ujar Bustari, kepala jorong Sarik Laweh kepada SuhaNews pada Jumat (17/4) pagi.

Bustari menambahkan selain melakukan ritual adat Bakaua, pihaknya juga secara aktif menyampaikan kepada warga tentang protokol pencegahan Covid-19 ini. Mulai dari pembiasaan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak serta berdiam diri di rumah.

bakaua

Sebagai gambaran, Sarik Laweh adalah bagian dari nagari Sumiso kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok. Namun untuk sampai ke Sarik Laweh kita harus melewati nagari Lubuk Tarok kabupaten Sijunjung.

Dari Lubuk Tarok lah perjuangan berat menempuh jalan tanah sepanjang 13 km, saking buruknya jalan jarak ini ditempuh dengan waktu 5-6 jam sepeda motor. Waktu akan bertambah jika musim hujan.

Sepeda motor yang dipakai pun biasanya dimodifikasi agar mampu menmbus medan yang berat ini.

Untuk jarak dari Sarik Laweh ke Tanjung Balik sebagai ibukota nagai Sumiso, warga harus berjalan kaki sejauh 18 km. Belum lagi jarak dari Tanjung Balik ke Batu Bajanjang sebagai ibukota Tigo Lurah, saat masyarakat harus berurusan administrasi.

Semoga Sarik Laweh cepat terbebas dari terisolir dan dapat menikmati kemajuan seperti nagari lainnya di Kabupaten Solok.

BACA JUGA  Kemenag Kab. Solok Sosialisasikan KMA 494/2020, Pembatalan Keberangkatan Haji

reporter : Budiman | Lim editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -