Satu Rumpun Bambu Putuskan Jalan Lintas Sumatera di Tanjung Gadang

Sijunjung, SuhaNews. Satu rumpun bambu longsor dari tebing hingga menutup jalan Lintas Sumatera di kawasan Sinyamu Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung pada Minggu(8/12).

Longsor ini disebabkan oleh hujan deras yang turun sejak dini hari. Akibat kejadian ini terjadi kemacetan di jalan Lintas Sumatera, antrian kendaraan mencapai 3 km dari kedua arah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung yang mendapat laporan kejadin langsung menuju TKP. Dengan dibantu oleh Personil Polisi dari Sektor Tanjung Gadang, TNI dibantu dengan warga langsung memberishkan lokasi hingga jalan kembali bisa dilalui.

” Alhamdulilah, personil TRC BPBD dibantu personil kepolisian Sektor Tanjung Gadang, aparat TNI yang terjun ke lokasi  bersama warga, selama kurang lebih 40 menit berhasil membersihkan jalinsum dari material longsor. Saat ini jalan sudah bisa dilewati,” ujar Kepala BPBD Sijunjung Hardiwan SP didampingi Kapolsek Tanjung Gadang Iptu Syafrijal Namun dan Danramil Tanjung Gadang.

Hardiwan menjelaskan longsor di Kecamatan Tanjung Gadang tersebut disebabkan curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari belakangan ini. Selain menyebabkan longsor di Kecamatan Tanjung Gadang, juga menyebabkan banjir di Kenagarian Kubangan Parit Rantang dan menggenangi rumah warga, namun tidak ada korban jiwa.

Pihaknya mengimbau agar warga dan  pengendara tetap berhati-hati dan waspada saat melintas di kawasan yang rawan longsor seperti perbukitan ataupun bantaran sungai. Sebab bencana bisa datang kapan saja mengingat situasi dan kondisi cuaca saat ini. “Tetap waspada karena bencana bisa datang kapan saja. Apalagi kondidi cuaca seperti ini,” tegasnya. Red  

Berita Terkait juga dapat di akses di Beritanda1.com

Facebook Comments

loading...