Sawahlunto Salurkan Bansos Atensi dari Kemensos

Sawahlunto, SuhaNews – Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMDPPA) Kota Sawahlunto menyalurkan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) dari Kementerian Sosial senilai Rp605 juta kepada 274 orang penerima manfaat, Jumat 02 Desember 2022.

“Masyarakat penerima manfaat dari bantuan Atensi itu terdiri dari empat kategori,” ujar Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMDPPA) Kota Sawahlunto Efriyanto.

Baca juga: Polda Sumbar Salurkan 5.000 Paket Bansos untuk Komunitas Ojek, Angkot dan Betor

Empat kategori tersebut yakni penyandang disabilitas dewasa sebanyak 106 orang dan penyandang disabilitas anak sebanyak 12 orang. lanjut usia (lansia) sebanyak 125 orang dan korban bencana sebanyak 31 orang.

“Jenis bantuan yang disalurkan, jelas Efriyanto, yaitu nutrisi anak, nutrisi lansia, perlengkapan sekolah, perlengkapan ibadah, sembako dan alat bantu disabilitas.

“Untuk alat bantu disabilitas ini antara lain ada alat bantu dengar, kursi roda anak, kursi roda 3 in 1, kursi roda standar, penyanggah leher, tongkat adaptif, walker, kruk, tongkat ketiak, tongkat kaki 3 dan lain-lain,” ujar Efriyanto.

“Penyerahan bantuan Atensi itu diserahkan oleh Wali Kota Sawahlunto Deri Asta di Muaro Kalaban, yang disaksikan pejabat fungsional penyuluh sosial dari Kemensos,” jelas Efriyanto.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terima kasih kepada Kemensos atas bantuan Atensi yang diberikan pada masyarakat Sawahlunto itu.

“Ini bantuan yang sangat bermanfaat untuk meringankan masyarakat kami dalam memenuhi kebutuhan dalam kondisi keterbatasan pada mereka. Terima kasih Kemensos,” kata Wali Kota Deri Asta.

Pemkot Sawahlunto, jelas Deri Asta, juga memiliki bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat, namun tentu sesuai dengan kondisi APBD sehingga memang belum bisa dalam waktu singkat langsung mengakomodasi seluruh warga yang mempunyai hak untuk dibantu.

BACA JUGA  Sunatan Massal Dilaksanakan Kemenag Kota Sawahlunto

“Ini sinergi yang sangat bagus. Bantuan dari Kemensos menyempurnakan bansos dari APBD Sawahlunto, sehingga semakin banyak warga yang bisa memperoleh bantuan,” kata Wali Kota Deri.

Bantuan dari Pemkot Sawahlunto, tambah Deri Asta, yakni pemberian akses pelayanan pendidikan dan kesehatan dasar, bantuan biaya berobat, penyediaan makanan bagi penyandang disabilitas, lansia dan non produktif, pemberian layanan kedaruratan dan penyediaan makanan bagi korban bencana.

“Bansos ini wujud keberpihakan dan komitmen pada masyarakat yang membutuhkan. Juga realisasi dari misi Pemko Sawahlunto nomor delapan yaitu penanganan khusus terhadap kelompok marginal seperti lansia, penyandang disabilitas, gangguan jiwa dan kelompok marginal lainnya,” jelas Wali Kota Deri Asta.

Kepala Bidang Sosial Dinsos PMDPPA, Yosrizal mengatakan jumlah bantuan Atensi Kemensos untuk Sawahlunto pada tahun ini mengalami peningkatan daripada tahun lalu.

“Pada 2021 senilai Rp87.721.000,-, sementara untuk 2022 ini naik menjadi Rp605 juta,” kata Yosrizal.

Jumlah masyarakat penerima manfaat dari bantuan Atensi itu pada 2021 hanya 50 orang, jelas Yosrizal, naik menjadi 274 orang pada 2022 ini. (Wewe)

Baca juga: Pemko Sawahlunto Serahkan Bansos Biaya Pengobatan

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -