Selama Pandemi Covid-19, 49 Ribu Orang Masuk Sumbar

SuhaNews. Sejak adanya himbauan Pemprov Sumbar agar masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan antar daerah, kedatangan orang ke Sumatera Barat mencapai 49 ribu orang.

Himbauan yang dikeluarkan Gubernur Sumbar ini sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumater Barat. Namun tidak digubris oleh perantau, merea tetap pulang kampung ke Sumatera barat dengan berbagai alasan.

Dikutip dari Tagar.Id, Gubernur Sumbar menyampaikan hal ini. “Kami juga berharap partisipasi para tetua rantau untuk memberikan pemahaman kepada yang ingin pulang kampung,” sebut Irwan.

sumbar

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno awalnya berharap imbauan itu akan mengurangi angka pulang kampung. Namun gelombang arus mudik perantau justru kian tidak terbendung. Jumlah angka orang masuk Sumbar yang hampir 50 ribu tercata sejak 31 Maret 2020.

“Itu data dari 9 daerah perbatasan di Sumbar dan Bandara Internasional Minangkabau (BIM),” katanya kepada wartawan di Padang.

Menurutnya, angka itu akan terus meningkat hingga lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah. Hal itu karena pulang kampung merupakan tradisi orang Minangkabau.

sumbar

“Kembali saya tidak bosan mengimbau agar para perantau menahan diri pulang kampung. Kasihanilah keluarga kita di kampung,” imbuh Irwan.

Irwan menyebutkan telah menyiapkan beberapa strategi di perbatasan. Salah satunya melalui pendataan secara mendalam dan menyeluruh, kemudian data tersebut dikirim ke kabupaten dan kota tujuan perantau untuk diawasi sampai ke tingkat nagari.

“Kalau mereka menunjukkan gejala dianjurkan untuk isolasi mandiri. Kami juga menyediakan tempat untuk karantina bagi mereka,” tuturnya

Terakhir, Irwan minta kerja sama para petinggi atau ketua organisasi perantau untuk bisa memberikan pemahaman kepada anggotanya untuk menunda pulang kampung.

“Kami juga berharap partisipasi para tetua rantau untuk memberikan pemahaman kepada yang ingin pulang kampung. Menunda dulu sampai wabah ini berlalu,” pungkas Irwan.

BACA JUGA  LaNyalla: Saya Tidak Tahu Siapa yang Buat Spanduk Ganjar-LaNyalla

editor : Moentjak sumber : Tagar.Id

Baca Juga :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -