Selamat Bertugas Kawan, Teruslah Gaungkan Literasi

Selamat Bertugas Kawan, Teruslah Gaungkan Literasi

oleh : Zulhafendi, Pranata Humas Kantor Kemenag Kabupaten Solok

“Da, Alhamdulillah wak dapek undangan manarimo SK Mutasi besok di Kanwil,” begitu bunyi pesan masuk dihape saat kening berkerut menahan sakit akibat keseleo di kaki yang belum sembuh.

“Alhamdulillah, selamat Mat, selamat bertugas dan selamat berkarya di tempat baru,” kubalas singkat pesan itu.

Selamat Bertugas Kawan, Teruslah Gaungkan Literasi 1

Kebersamaan kita belum lama, kalau berbilang tahun mungkin belum cukup tiga. Namun kesamaan hobi dan visi dalam berkarya membuat kita dekat dan cepat akrab setelah sebelumnya saling kenal lewat media sosial, meski kita berada dibawah lembaga yang sama namun Satker yang berbeda. tugas tugas tugas 

Rahmat, pertama aku mengenalmu sebagai CPNS di MTsN 2 Solok / MTsN Koto Baru yang juga almamaterku. Pertemuan dan perkenalan kita saat itu biasa saja layaknya perkenalan CPNS dengan PNS dan warga kantor lainnya.

Seiring waktu berjalan, terlihat jika Rahmat adalah sosok yang aktif di media sosial. Beragam postingan tentang kegiatan di MTsN 2 Solok di uploadnya, angle pengambilan fotonya bagus, spot yang didapat juga menarik. Ketika hal ini dikonfirmasi ke Waka Humas MTsN 2 Solok kala itu, Haryen Prida Harmis, membenarkan hal itu dan menyebutkan jika Rahmat banyak berkontribusi dalam berita madrasah yang dikirim ke Humas Kantor Kemenag Kabupaten Solok. Tak hanya foto, ia juga membantu membuat relis.

Waktu terus bergulir, periode jabatan Wakil Kepala di MTsN 2 Solok berakhir dan Rahmat pun terpilih sebagai Wakil Kepala Bidang Humas menggantikan Haryen. Sebagai mitranya, ia pun berkunjung ke dapur Humas Gedung Hijau 73.

Diskusi pun dimulai, berawal dari teknis penyusunan berita madrasah, perbincangan berkembang hingga membahas tentang menulis secara detail baik untuk lembaga maupun berita umum yang ditemui diluar lingkungan madrasah.

BACA JUGA  Polres Pasaman Barat Gelar Pasukan Operasi Zebra Singgalang 2023

Saling bertanya terus berlanjut, rupanya anak muda lulusan Universitas Sriwijaya ini juga menguasai teknik editing video. Makin klop rasanya, karena selama ini di Humas Kemenag Kabupaten Solok tenaga untuk ini belum ada. Sebuah spirit baru mendengar jawabannya.

Berawal dari kesamaan visi memajukan Kementerian Agama lewat publikasi media, Rahmat juga tertarik diajak bergabung di media ini. Setelah melewati tahapan sebagai kontributor. kami Redaksi sepakat mengangkatnya menjadi Redaktur yang tentu saja setelah melihat karyanya baik berupa tulisan maupun foto.

Pembekalanpun diberikan, dan Rahmat memulai tugasnya. Selain mempublish berita Madrasah di Kabupaten Solok, Sumando nagari Saruaso ini juga aktif mengekspos berita-berita dari Kabupaten Agama sebagai kampung halamannya.

Rahmat berkesempatan mengikuti Diklat Wakil Kepala Bidang Humas yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Padang, ia menjadi utusan Kabupaten Solok. Kemampuannya semakin terasah.

Publikasi kegiatan MTsN 2 Solok semakin hidup setelah sang Waka pulang mengikuti pelatihan ini. Tak hanya itu, semangat berkarya juga ditebarkannya ke peserta pelatihan dari daerah lain. Hal ini terbukti dengan adanya karya mereka yang dikirim ke SuhaNews.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli mengapresiasi kepiawaian Rahmat dalam mengolah berita dan video, hingga ia dipercaya membuat beberapa video kegiatan Kantor Kemenag Kabupaten Solok.

Menyadari tingginya antusias pembaca berita haji, SuhaNews yang secara khusus menyampaikan perkembangan pelaksanaan ibadah haji ini juga mendapatkan suntikan spirit baru berkat racikan Rahmat mengolah kiriman video oleh jemaah haji dari tanah suci.

Hasilnya, berita haji yang tayang di SuhaNews saban hari selama pelaksanaan ibadah haji menjadi lebih hidup berkat editan ayah tiga anak ini.

Peringkat tertinggi kontribusi berita di website Sumbar.Kemenag.go.id pada semester satu tahun 2024 ini adalah pencapaian bersama kita dalam menggaungkan program Kemenag di dunia maya.

BACA JUGA  Sebar Pesan, Perhatikan 3 Hal Ini

Selamat Bertugas Kawan, Teruslah Gaungkan Literasi 2

Dengan diserahkannya SK Kepala Kanwil Kemenag Sumbar untuk 229 PNS pengangkatan tahun 2018, Rahmat harus mengakhiri tugasnya sebagai guru sekaligus Wakil Kepala bidang Humas di MTsN 2 Solok.

Canggung, rasa ini tak hanya hinggap disini, tapi juga bagi puluhan tenaga pendidik dan kependidikan MTsN 2 Solok. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Erdinal S.Ag kepala MTsN 2 Solok.

Namun tak bisa dihindari karena mutasi, rotasi dan promosi adalah air mandinya aparatur negara. Seiring gemuruh didada kehilangan mitra kerja, kuucapkan Selamat Bertugas Kawan, tetaplah berkarya, gaungkan terus literasi sebagai wujud membangun citra positif Kementerian Agama khususnya madrasah tempatmu mengabdi. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -