Sosialiasi Aplikasi ELSIMIL bagi Calon Pengantin di KUA Tanjung Harapan

Solok, SuhaNews – Pemerintah Kota Solok melaksanakan sosialisasi dan penerapan aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Siap Hamil (ELSIMIL) kepada mitra kerja, termasuk Kantor Kementerian Agama.

“Sosialisasi ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Aplikasi ELSIMIL Versi III,” ujar Kepala KUA Tanjung Harapan, Zulkifli Zukma, Senin (7/10) di kantornya.

Baca juga: BKPSDM Pasaman Barat Gelar Sosialisasi dan Evaluasi SKP Melalui Aplikasi e-Kinerja

Satuan Tugas (Satgas) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat, yang dipimpin Rifa Marlina, didampingi Susi Veli dan Rina dari Penyuluh dan Konsultan Keluarga Berencana Kota Solok, jelas Zulkifli Zukma, berkunjung ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok.

“”Aplikasi ini merupakan program skrining dan pendampingan untuk calon pengantin (Catin),” jelas Rifa Marlina.

Rifa Marlina menekankan pentingnya peran mitra kerja, seperti Kementerian Agama, tokoh agama, lembaga agama, penyuluh agama, dan pencatatan sipil, dalam mengomunikasikan pencegahan dan penanganan stunting dalam bimbingan perkawinan maupun pra-nikah.

Sementara Penyuluh dan Konsultan KB Kota Solok, Susi Veli mengatakan bahwa dalam Aplikasi ELSIMIL Catin perlu mengisi data skrining kesehatan seperti biodata, berat badan, tinggi badan, Hb, dan lingkar lengan atas.

“Aplikasi ini secara otomatis melakukan penilaian untuk menentukan apakah calon pengantin berisiko atau ideal,” jelas Susi Veli.

Selanjutnya pendampingan, Catin yang berisiko akan didampingi oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK), yang terdiri dari Bidan, Kader PKK, dan Kader IMP.

TPK akan memberikan penyuluhan rutin dan pendampingan minimal 6 kali selama kehamilan. Media edukasi aplikasi ELSIMIL menyediakan informasi tentang kesiapan menikah dan hamil, kesehatan reproduksi, kontrasepsi, dan pencegahan kanker dan Sertifikat ELSIMIL.

“Sertifikat ini merupakan syarat untuk menikah,” tambah Susi Veli.

BACA JUGA  12 Pasang Catin Kubung Ikuti Binwin dengan DR.H.Helmi,M,Ag

Kepala KUA Kecamatan Tanjung Harapan, Zulkifli Zukma menyambut baik sosialisasi ELSIMIL Versi III ini.

Ia berharap mitra kerja dapat membantu Tim Pendamping Keluarga dalam penerapannya. Zulkifli menekankan pentingnya aplikasi ini dalam menekan angka stunting dengan mendeteksi calon pengantin yang berisiko memiliki balita stunting.

Zulkifli juga menegaskan perlunya koordinasi, sinergi, dan sinkronisasi yang baik antara Pemerintah Daerah Kota Solok dengan mitra kerja, untuk membangun komitmen bersama dalam percepatan penurunan stunting melalui pendampingan calon pengantin dengan pengembangan aplikasi ELSIMIL.

“Sosialisasi ELSIMIL kepada mitra kerja Kota Solok merupakan langkah strategis. Penurunan stunting di Kota Solok,” ujar Zulkifli. Toni/infopublik.solokkota.go.id

Baca juga: Bupati Solok Buka Sosialisasi Aplikasi Signal dan Launching QRIS 8 Jenis Pajak

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -