Susun RKPD 2024, Wawako Sawahlunto: FKP Penting

Sawahlunto, SuhaNews – Pemko Sawahlunto menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2024, Rabu 23 Februari 2023 di Hotel Khas Ombilin.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang membuka FKP RKPD itu menyampaikan kegiatan tersebut salah satunya berguna untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam memperkuat kapasitas perencanaan daerah.

“RKPD memuat kebijakan pembangunan daerah selama satu tahun untuk perencanaan pembangunan daerah. Berdasarkan hal tersebut, sesuai dengan amanat Undang-Undang, maka Pemerintah Daerah diwajibkan untuk menyusun rencana kerja,” kata Wawako Zohirin.

Baca juga: Buka Konsultasi Publik RKPD 2024, Wako Solok: Perhatikan Skala Prioritas

Disebut Wawako Zohirin, FKP itu merupakan tahapan penting dari rangkaian proses penyusunan RKPD 2024.

“Setiap program kegiatan yang disusun harus berorientasi pada anggaran input, proses, dan output, namun harus memiliki manfaat nyata bagi masyarakat sehingga anggaran pembangunan yang dibuat berdampak positif demi kesejahteraan masyarakat,” ujar Wawako Zohirin berpesan.

Sementara Kepala Barenlitbangda Lelis Efriyenti menyebutkan, pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2024.

“Peserta FKP kita adalah kepala perangkat daerah, kemudian instansi vertikal, perwakilan dari Bank Daerah, serta perwakilan dari tokoh-tokoh masyarakat yang memiliki basis kompetensi yang relevan terhadap permasalahan pembangunan dan isu strategis daerah,” kata Lelis. (*)

Baca juga: Pj. Bupati Mentawai Hadiri Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD

Facebook Comments

BACA JUGA  Enam Pasangan Suami Istri di Kota Sawahlunto Ikuti Isbat Nikah
- Advertisement -
- Advertisement -