Tambua Tansa Kampuang Tangah, Hiburan Meriah Rayakan HUT Lubuk Basung

Kampuang Tangah, SuhaNews – Tambua Tansa Kampuang Tangah, Hiburan Meriah Rayakan HUT Lubuk Basung. Malam yang penuh semangat budaya menyelimuti Jorong Ujung Padang, Nagari Kampuang Tangah, Kecamatan Lubuk Basung, Selasa (30/7). 

Bupati Agam, Dr. H. Andriwarman, MM, secara langsung hadir dalam gelaran Kesenian Tambua Tansa se-Nagari Kampuang Tangah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Lubuk Basung sebagai Ibukota Kabupaten Agam.

Sebanyak 13 grup tambua tansa unjuk kebolehan, membuai ribuan penonton dengan irama khas Minangkabau. Gemuruh tabuhan tambua tansa menggema, mengiringi tarian dan nyanyian yang memukau. Acara ini tidak hanya menjadi ajang adu kreativitas, namun juga menjadi bukti nyata semangat masyarakat dalam melestarikan warisan budaya leluhur.

Bupati Agam, Andriwarman, dalam sambutannya menyampaikan kekagumannya atas antusiasme masyarakat dan para peserta. “Kesenian tambua tansa adalah jati diri kita sebagai orang Minang. Saya sangat bangga melihat semangat gotong royong dan pelestarian budaya yang tinggi di Nagari Kampuang Tangah,” ujarnya.

Tansa

Sebagai bentuk apresiasi, Bupati Agam memberikan reward khusus kepada panitia penyelenggara dan para peserta. Selain uang saku, Bupati juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk melakukan kegiatan jalan-jalan bersama. “Ini adalah bentuk penghargaan kami atas dedikasi dan kreativitas yang telah ditunjukkan,” tambah Bupati.

Wali Nagari Kampuang Tangah, Gusri Mulyadi, S.Hum, mengungkapkan bahwa acara ini merupakan bagian dari memeriahkan HUT Kabupaten Agam, ibukota Kabupaten Agam ke Lubuk Basung. “Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan semakin semarak di masa mendatang,” ujarnya.

Kehadiran Bupati Agam dan pejabat daerah lainnya semakin menambah semarak acara ini. Kehadiran mereka juga menjadi bukti nyata dukungan pemerintah terhadap pelestarian seni dan budaya daerah. AMC/rm

BACA JUGA  Joan Gamper Trophy: Barcelona Dicukur AS Monaco 3-0

Baca Juga : Nagari Kampuang Tangah Gandeng Mahasiswa KKN UIN Bukittinggi Meriahkan HUT ke-31 Lubuk Basung

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -