Tim KNGI Kunjungi AUGGp Geopark Ranah Minang Silokek, Sijunjung

Sijunjung, SuhaNews – Tim Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) lakukan penilaian lapangam AUGGp Geopark Ranah Minang Silokek, kabupaten Sijunjung, Rabu (12 Juli 2023).

Tim aUGGp ke Geopark Ranah Minang Silokek terdiri atas Dr. Ir. Rudi Suhendar MSc,  Dewan Pakar Komite Nasional Geopark Indonesia dan Dr. Ir. Tukul Rameyo Adi MT Dewan Pakar Komite Nasional Geopark Indonesia.

Baca juga: Badan Pengelola Geopark Silokek Kerja Sama dengan Disdikbud Sijunjung

Selain itu, Dewi Novria, ST, MURD, Fungsional Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kemenkomarves,  Drs. Agus Suprihastono, MM Ketua Tim Kerja Area I Kemenparekraf dan Antariksa, MM Fungsional Kemenparekraf.

“Kita kedatangan tamu dari  KNGI untuk melakukan penilaian lapangan aUGGp Geopark Ranah Minang Silokek,” ujar Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir.

“Sejak awal masa menjabat sebagai kepala daerah, kami dan pak wabup menjadikan pengembangan wisata sebagai salah satu tema pembangunan di Sijunjung,” ujarnya.

“Saat ini pemerintah pusat sedang mengusulkan Geopark Ranah Minang Silokek untuk dinilai oleh Unesco Globar Geopark”jelasnya.

“Perjuangan ini tidak mudah dan tidak sebentar, untuk itu kami berharap perjuangan kita dalam memulikan bumi dapat terwujud sehingga memberikan kesejahteraan terhadap masyarakat,” harapnya.

“Mohon dukungan dari semua masyatakat Kabupaten Sijunjung dalam mewujudkan Silokek menjadi Unesco Global Geopark bisa terwujud,” tutupnya.

Sebelumnya, Kedatangan tim penilai disambut Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,  dan Kepala OPD terkait Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

“Penilaian di Sijunjung ini meliputi kelengkapan warisan geologi, keanekaragaman hayati, dan warisan budaya di kawasan Geopark Ranah Minang Silokek,” ujar Dewan Pakar Komite Nasional Geopark Indonesia, Rudi Suhendar.

Selama dua hari, jelas Rudi Suhendar, tim akan keliling melakukan serangkaian evaluasi terhadap Geopark Ranah Minang Silokek.

BACA JUGA  Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Resmikan Jalan Pasar Pamuatan

“Tahapan penilaian ini merupakan tahapan tingkat Nasional yang akan kita ajukan ke Unesco akhir bulan juni ini” tambahnya. (Noven/Wewe)

Baca juga: Desa Wisata Silokek Raih Penghargaan Asean Tourism Standard 2023

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -