Tingkatkan Minat Kosumsi Ikan, Forikan Padang Adakan Lomba

SuhaNews, Padang– Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kota Padang (Forikan) mengadakan lomba mengolah makanan serba ikan bagi 11 kecamatan yang ada di Kota Padang, Rabu, (30/5/2023). Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar menyebutkan konsumsi ikan di Kota Padang harus terus ditingkatkan, sebab ikan merupakan protein utama untuk merangsang kecerdasan anak.

“Tidak hanya itu, ikan sebagai sumber protein utama bisa membantu merangsang pertumbuhan anak sehingga terhindar dari stunting,” katanya saat membuka acara lomba itu di Danau Cimpago Pantai Padang.

Ia menyebutkan, tahun 2022 konsumsi ikan di Kota Padang mengalami peningkatan dari 41,77 kilogram per kapita menjadi 43 kilogram per kapita. Sementara angka nasional sudah mencapai 56 kilogram per kapita.

“Kita sudah mengalami peningkatan, maka dari itu kita harap ke depannya masyarakat Kota Padang terus gemar makan ikan. Ditambah dengan berbagai agenda yang dilaksanakan Forikan,” tuturnya.

Sementara Ketua Penggerak PKK Kota Padang yang juga merupakan Ketua Forikan, Ny Genny Hendri Septa menyampaikan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk memicu kreativitas ibu dalam mengolah menu ikan.

Katanya, ikan merupakan sumber protein hewani yang baik dan halal dalam penyediaan gizi bagi anak. Selain itu mampu meningkatkan kecerdasan otak dan tumbuh kembang anak.

“Dengan agenda ini, mari kita budidayakan konsumsi ikan. Melalui kreativitas dalam mengolah ikan tanpa mengabaikan mutu dan kualitas ikan itu.
Makan ikan dapat membentuk pribadi sehat dan kuat bagi anak,” sebutnya.

Rangkaian lomba itu merupakan salah satu upaya membangun budaya konsumsi ikan. Para peserta menyajikan berbagai olahan ikan menarik diantaranya menu kudapan, balita, keluarga.

Disebutkan Genny, pemenang lomba nantinya akan menjadi perwakilan Kota Padang dalam lomba mengolah menu ikan tingkat provinsi. (*)

BACA JUGA  Polsek Gunung Talang Tangkap Pelaku Togel, BB Uang 800 Ribu dan Buku Mimpi

Baca Juga:

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -